Sholat Dhuha Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap

Posted on

Sholat dhuha dan bacaan doa setelah sholat dhuha– Yang sudah membiasakan Sholat dhuha jangan lupa berdoa setelah solat dhuha selesai karena sholat Sunnah dhuha memiliki keistimewaan yang berbeda dengan Sholat Sunnah lain nya , sholat Sunnah yang satu ini termasuk ibadah yang bisa meluaskan rizqi ,menghapus dosa – dosa dan mengantarkan kita semua ke syurga.

Barang siapa yang menunaikan  sholat dhuha akan d ampuni dosa2 nya oleh Allah serta tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah. Dan juga tercatat ahli ibadah dan taat kepada Allah karena  isiqomah dalam mlaksanakan solat dhuha , Allah akan menyukupkan rizqi nya dan menyediakan pintu khusus ,pintu dhuha untuk orang – orang  yang menunaikan soholat dhuha.

Usai melaksanakan sholat dhuha ,cukup duduk dengan khusyu’ dan berkonsentrasi  berdoa dan berdzikir seperti istighfar, bersholawat, bertasbih dan tahmid.
Bikut ini bacaan doa setelah solat dhuha yg popular d kalangan umat islam :

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
Yang artinya :
Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Doa ini bukanlah berasal dari hadist nabi ,doa ini di cantumkan oleh Asy Syarwani dalam syarah Al minhaj dan disebutkan juga oleh Ad Dimyathi dalam kitab I’anatut Tholibin.
Dan perlu di ingat juga ,doa setelah Sholat dhuha tidak di baatasi. Kita boleh berdoa apa saja yang kita inginkan ,tentunya bukan doa yang berisi tentang keburukan.

Baca juga   Bacaan Takbirotul Ihram Dan Tata Cara Yang Benar Lengkap Arab Beserta Artinya

Beberapa Keutamaan sholat dhuha di antaranya adalah :
Wasiat khusus dari Rosululloh SAW.
Sholat dhuha di wasiatkan Rosululloh kepada Abu Hurairoh untuk mnjadi Amal harian
“Kkasihku, Rosululloh SAW.  Mewasiatkan 3 hal kepadaku : puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat Awwabin
Sholat dhuha adalah sholat awwabin,yakni sholatnya orang-orang yang taat, merutinkan sholat dhuha menjadikan seseorang di catat sebagai orang-orang yang taat.

Abu Hurairah berkata : “Kekasihku Muhammad mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkan nya : agar aku tidak tidur kecuali setelah melakukan sholat witir,agar aku tidak meninggalkan dua rokaat sholat dhuha karena ia adalah sholat awwabin serta agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan” (HR. Ibnu Huzaimah).

Mencukupkan sedekah sebanyak persendian manusia, yaitu 360 persendian, sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. أخرجه مسلم

Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau telah bersabda: “Di setiap pagi, ada kewajiban sedekah atas setiap persendian dari salah seorang kalian. Setiap tasbiih adalah sedekah, setiap tahmiid adalah sedekah, setiap tahliil adalah sedekah, setiap takbiir adalah sedekah, amar makruf nahi mungkar adalah sedekah. Dan dapat memadai untuk semua itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha”.

Baca juga   Doa Keramas Atau Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Arab Dan Arti Beserta Penjelasannya

Empat rokaat dhuha membawa Kecukupan Allah SWT. Berfirman ” wahai anak adam, janganlah engkau luput dari empat rokaaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Berpahala umroh
Mengerjakan Sholat dhuha tentunya akan mendapatkan pahala . Pahala dari sholat dhuha setara dengan pahala mengerjakan Umroh.

Semoga bermanfaat ,mari sempatkan waktu untuk shola dhuha dan jangan meninggalkan tidak berdoa setelah Sholat Dhuha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *