Wajib Tahu Kriteria Seseorang Yang Berhak Mengeluarkan Dan Menerima Zakat Fitri

Posted on

zakat fitrah

Wajib Tahu Kriteria Seseorang Yang Berhak Mengeluarkan Dan Menerima Zakat FitriZakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dikeluarkan oleh ummat muslim setiap tahunnya, karena zakat merupakan salah satu bagian dari rukun islam, zakat bertujuan untuk membersihkan jiwa dan harta pemberinya. Bagi muslim yang tidak mangeluarkan zakat akan di kenakan dosa, oleh karena itu suatu keharusan untuk mempelajari ilmunya.

Mngenai zakat ada zakat yang hukumnya wajib dikelurkan bagi seluruh ummaat muslim didunia tanpa terkecuali yaitu zakat fitri,zakat yang di keluarkan nya pada bulan ramadhan dan paling lambat sebelum melaksanakan sholat ied. Dan sebelum kita berzakat harus faham syarat dan ketentuan siapa yang wajib mengeluarkan dan menerima zakat fitri, berikut penjelasannya:

Orang Yang Berhak Mengeluarkan Dan Menerima Zakat Fitri

ORANG YANG BERHAK MENGELUARKAN ZAKAT FITRI

فصل) وتجب زكاة الفطر بثلاثة أشياء: الإسلام وبغروب الشمس من آخر يوم من شهر رمضان ووجود الفضل عن قوته وقوت عياله في ذلك اليوم. ويزكي عن نفسه وعمن تلزمه نفقته من المسلمين صاعا من قوت بلده وقدره خمسة أرطال وثلث بالعراقي

Wajib zakat fitrah karena tiga hal: (a) Islam; (b) terbenamnya matahari pada hari terakhir bulan Ramadan; (c) adanya kelebihan dari makanan keluarganya untuk hari itu. Mengeluarkan zakat untuk dirinya sendiri dan orang islam yang wajib dinafkahinya dengan mengeluarka satu sok dari kekuatan Negara. Dan perkiraan lima lebih sepertiaga kati Negara Irak.

Baca juga   Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab Beserta Artinya

Sedangkan hadis yang menerangkan tentang zakat adalah:

عَن ابنِ عَبَّاسٍ – رضي الله عنهما – قَالَ: «فَرَضَ رَسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – زَكَاةَ الفِطرِ طُهرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغوِ وَالرَّفَثِ، وَطُعمَةً لِلمَسَاكِينِ، فمَنْ أدَّاهَا قَبلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقبُولَةٌ، وَمَن أدَّاهَا بَعدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ»

Diriwayatkan dari ibnu abbas, Rashulullah bersabda : “Zakat Fitri merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin, Barang siapa yang membayar zakat fitrah sebelum shalat ied, maka termasuk zakat fitrah yang diterima, dan barang siapa yang membayarnya sesudah shalat ied maka termasuk sedekah biasa (bukan lagi dianggap zakat fitrah)“. (HR. Bukhari dan Muslim)”

ORANG YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT

 (فصل) وتدفع الزكاة إلى الأصناف الثمانية الذين ذكرهم الله تعالى في كتابه العزيز في قوله تعالى: (إنما الصدقات للفقراء والمساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفي الرقاب والغارمين وفي سبيل الله وابن السبيل) وإلى من يوجد منهم ولا يقتصر على أقل من ثلاثة من كل صنف إلا العامل

وخمسة لا يجوز دفعها إليهم: الغني بمال أو كسب والعبد وبنو هاشم وبنو المطلب والكافر زمن تلزم المزكي نفقته لا يدفعها إليهم باسم الفقراء والمساكين

Zakat (haruslah) diberikan kepada 8 (delapan) golongan yang telah disebutkan oleh Allah di dalam firmannya: “Sesungguhnya zakat-zakati itu hanyalah diberikan kepada orang-orang fakir, orang-orang miskin, para pekerja urusan zakat (amil zakat), orang-orang yang dijinakkan hatinya (karena baru memeluk Islam), hamba sahaya yang sedang berikhtiar menebus dirinya untuk jadi orang merdeka, orang-orang yang punya hutang (karena kepentingan agama), orang yang berperang untuk agama Allah (tanpa gaji dari pemerintah) dan musafir yang kehabisan bekal dalam perjalanan”, Dan kepada siapa saja yang bisa didapat dari mereka ini zakat harus diberikan, bila ternyata tak bisa didapat kesemuanya). Dan sedikitnya tidak boleh kurang dari 3 orang (yang harus diberi zakat) dari tiap golongan di atas kecuali amil (amil boleh hanya seorang)

Baca juga   Niat Sholat fardhu Ketika Dilakukan Berjamaah Atau Sendiri Lengkap Arab Beserta Artinya

5 )lima) orang yang zakat tak boleh diberikan kepada mereka: (a) orang yang kaya uang atau pencaharian; (b) hamba sahaya; (c) Bani Hasyim; (d) Bani Mutalib; (e) orang kafir.

Orang-orang yang nafkahnya menjadi tanggungan orang yang zakat tidak boleh zakat itu diberikan kepada mereka dengan nama fakir miskin.

Demikian penjelasan seputar zakat fitri dan perlu kita ingat jangan sampai lalai atas kewajiban zakat kita karena hukumnya wajib itu artinya tidak boleh ditinggalkan. Semoga dengan zakat fitri Allah mengizinkan kita kembali terlahir suci. Amiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *