Perihal Kulit, Allah Terangkan Secara Jelas Dalam Alqur’an

Posted on

ayat tentang kulit manusia

Perihal Kulit, Allah Terangkan Secara Jelas Dalam Alqur’anKulit merupakan salah satu anggota tubuh yang menyelimuti tubuh kita. Salah satu fungsinya yaitu mengatur suhu tubuh dan sebagai indra peraba. Melalui indra peraba ini, kita dapat merasakan sakit, panas, atau dingin apabila ada sesuatu yang menyentuh kulit kita. Hal itu dikarenakan pada permukaan kulit kita terdiri atas berbagai penerima rangsang yang akan menanggapai rasa sakit, tekanan, panas, dan dingin. Sehingga tanpa adanya kulit dan syaraf-syaraf yang ada di dalamnya, mungkin kita tak akan merasakan panasnya api ataupun dingin nya air es dan lain sebagainya.

Indra peraba yang menyebabkan kita bisa merasa sakit, panas, dingin ini sebenarnya merupakan anugrah Allah yang patut kita syukuri.  Karena dengan kita merasa panas saat terkena api,  maka secara refleks tubuh kita akan menghindar dari api itu.  Begitu juga rasa sakit saat kita terkena pisau,  jika tidak ada rasa sakit bisa saja jemari tangan kita tak terasa terputus terkena pisau.

Bahkan yang lebih menakjubkan lagi kitab suci Al Qur’an telah menjelaskan tentang alat indra peraba ini sejak 14 abad tahun yang lalu. Allah berfirman dalam Surat An-Nisa Ayat 56;

Baca juga   Amalan Ibadah Yang Dilakukan Saat Malam Nuzulul Qur'an Beserta Penjelasanya

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا

Innallażīna kafarụ bi`āyātinā saufa nuṣlīhim nārā, kullamā naḍijat julụduhum baddalnāhum julụdan gairahā liyażụqul-‘ażāb, innallāha kāna ‘azīzan ḥakīmā

Artinya;  “Sesungguhnya orang-orang yang mengkufuri ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka terkelupas (hangus) , maka Kami gantikan kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ( QS.  An nisa’ ayat 56)

Dengan sangat jelas,  Al Qur’an menerangkan bagaimana manusia merasakan panas dan sakit ketika masih mempunyai kulit.  Di dalam neraka,  ketika kulit orang-orang kafir telah mengelupas maka Allah  akan mengganti kulit-kulit mereka agar mereka tetap merasakan panasnya api neraka.

Dan dijelaskan oleh mufassir quroish syihab ” Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari bukti-bukti yang jelas dan mendustakan para nabi, kelak akan Kami masukkan ke dalam api neraka yang akan menghanguskan kulit mereka. Dan setiap kali rasa pedih akibat siksaan itu hilang, Allah menggantinya dengan kulit yang baru, agar rasa sakitnya berlanjut. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa dan Mahabijaksana. Dia akan memberikan siksaan bagi orang yang sampai saat kematiaannya tetap mengingkari-Nya. Ayat ini merupakan bukti betapa dahsyatnya siksaan yang diderita oleh penghuni neraka. Sebuah temuan ilmiah membuktikan bahwa urat saraf yang tersebar dalam lapisan kulit merupakan yang paling sensitif terhadap pengaruh panas dan dingin.

Baca juga   Contoh Mukadimah Pidato Atau Ceramah Berbahasa Arab Dan Indonesia

Subhanallah,  marilah kita tingkatkan iman dan ibadah kita kepada Allah, terlebih di bulan suci Romadlon ini agar kita selalu mendapatkan Ridlo dan Ampunannya dan semoga kita selalu dijauhkan oleh Allah dari panasnya Api neraka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *