Peran Penting Pendidikan (Tholabul Ilmi) Untuk Bangsa Dan Negara

Posted on

pendidikan sebagai moral bangsa

Peran Penting Pendidikan (Tholabul Ilmi) Untuk Bangsa Dan NegaraPembangunan karakter bangsa merupakan komitmen kolektif masyarakat Indonesia menghadapi tuntutan global dewasa saat ini.

Dengan ada nya pendidikan yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Namun, Arus global yang bergerak begitu cepat melalui media Internet yang serba digital telah berhasil mengubah paradigma, pola dan gaya hidup, dan bahkan tata nilai, sikap dan prilaku yang berdampak pada menipisnya sendi-sendi moral dan akhlak anak bangsa yang berimbas pada memudarnya karakter bangsa.

Oleh karena itu, pendidikan karakter bangsa menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan pola pembinaan, baik yang dilakukan dalam rumah tangga, masyarakat, dan sekolah sebagai pioneer yang paling berperan dalam pembentukan karakter atau watak anak.

Dan Di era globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan taraf hidup. Pendidikan merupakan ilmu yang dapat kita pelajari. Dengan kata lain, pendidikan sangat erat kaitannya dengan pengetahuan.

Baca juga   Doa ketika Hujan Dan Petir Supaya Selamat dari Bencana Bacalah Doa ini

Oleh karena itu Rashulullah SAW menganjurkan untuk semua ummatnya baik laki-laki maupun perempuan hukumnya wajib mencari ilmu agar menjadi manusia yang berpendidikan serta bermoral yang baik, dalam sebuah hadist Rashulullah shallallohualaihi wasallam bersabda :

عَفْ أَئَفْسِ بن ما لك.قال:قال رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم (طَلَبُ اْلِعلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ. وَوَاضِعُ اْلعِلمِ عِنْدَغَيْر اَهْلِهِ كَمُقَلِّهِ اْلَخفَازِيْرِ الْجَوْهَرَوَالُّلؤْلُؤُ وَالذَّهَبَ). رواه ابن مجاه

“Rosulullah Saw. Telah bersabda : Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim dan orang yang meletakkan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya (orang yang enggan untuk menerimanya dan orang yang menertawakan ilmu agama) seperti orang yang mengalungi beberapa babi dengan beberapa permata, dan emas. (H.R. Ibnu Majah)

Pendidikan tidak semata-mata pembelajaran pengetahuan semata, tatapi lebih dari itu, yaitu penanaman moral, nilai-nilai etika, estetika, budi pekerti yang luhur dan lain sebagainya. Dengan demikian, pendidikan rmerupakan bagian terpenting bagi masyarakat indonesia ,.Karena Pendidikan secara tidak langsung dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan kita

dan Pendidikan itu sangatlah penting bagi setiap manusia. dari pendidikan kita memperoleh ilmu . dan seberapapun ilmu yang kita dapatkan sangatlah berharga untuk kehidupan kita.

Baca juga   Doa Setelah Sholat Wajib Lengkap Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Pendidikan juga  memiliki peranan yang teramat mendukung dalam pembangunan negeri ini. Apabila masyarakat terdidik, pemerintahan akan lebih mudah untuk dijalankan. Sebaliknya, jikalau masyarakat kurang intelek maka akan sulit untuk menerima program-program yang diberikan oleh pemerintah sehingga proses pembangunan daerah akan mengalami hambatan.

Oleh karena itu, membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda, mulai dari lingklingan rumah tangga, sekolah dan masyarakat dengan meneladani para tokoh yang memang patut untuk dicontoh.Semoga ke depan bangsa kita lebih beradab, maju, sejahtera kini, esok dan selamanya. Amiiiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *