Rajin Beribadah, Hamba Ini Doanya Tidak Pernah Dikabulkan

Posted on

pengaruh makanan halal

Rajin Beribadah, Hamba Ini Doanya Tidak Pernah DikabulkanSebagai ummat muslim kita harus paham bahwa sudah seharusnya kita mengkonsumsi makanan yang halal,makanan yang halal bisa menjadi wasilah terjaganya kesehatan rohani dan jasmani kita.selain itu makanan yang halal juga mempengaruhi terhadap akhlak ,kecerdasan dan ibadah kita, makanya rashulullah mengingatkan seluruh ummatnya untuk memperhatikan makanan yang di konsumsi ummatnya.

Diterangkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abi Hurairoh Ra,  Nabi Muhammad SAW besabda ;

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله ﷺ إن الله تعالى طيب لا يقبل إلا طيبا وإن الله تعالى أمر المؤمنين بما أمر به المرسلين فقال تعالى ‏{‏يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا‏}  وقال تعالى ‏{‏يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُواْ لِلّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ‏} ثم ذكر الرجل يطيل السفر أشعث أغبر يمد يديه إلى السماء يا رب يا رب ومطعمه حرام ومشربه حرام وملبسه حرام وغذي بالحرام فأنى يستجاب لذلك .  رواه مسلم‏.‏

Artinya;  Diriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah Ra.  dia berkata: Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya Allah ta’ala itu dzat yang maha  baik, tidak menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang beriman dengan sesuatu seperti yang telah Allah perintahkan kepada para rasul-Nya.  Allah berfirman:   “Wahai Para Rasul makanlah makanan yang baik-baik (halal)  dan lakukanlah amal-amal shaleh . Dan Allah juga  berfirman: Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian Nabi Saw menyebutkan ada seseorang melakukan perjalan jauh dalam keadaan kusut dan berdebu. Dia mengangkatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata: Ya Tuhanku, Ya Tuhanku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya bisa dikabulkan? . ( Hadits Riwayat Muslim)

Baca juga   Ciri-Ciri Turunnya Malam Lailatul Qadar Dibulan Ramadhan Sesuai Dengan Hadist Nabi

Makna kata”Thoyyibun” bagi Allah yaitu Allah maha suci dari semua kekurangan dan segala aib,  karena Allah maha sempurna.  Sedangkan kata ” Thoyyiban” dalam hadits diatas, ada sebagian ulama’ yang mengkhusukan hanya pada makanan yang baik-baik, namun mayoritas  ulama’ menjadikan kata tersebut umum. Sehingga  Artinya Allah tidak akan menerima sesuatu apapun kecuali hal-hal yang baik.  Baik itu berupa amal ibadah, ucapan, maupun makanan yang kita makan,  atau  harta yg akan kita sedekahkan.

Amal ibadah dan perbuatan baik  yang diterima oleh Allah adalah amal yang ikhlas, bersih dari riya’ dan pamer artinya benar-benar karena Allah. Sedangkan makanan yang baik, maksudnya adalah makanan yang halal dan diperoleh dari hasil pekerjaan yang halal. Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan.

Allah taala berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

 “Yā ayyuhan-nāsu kulụ mimmā fil-arḍi ḥalālan ṭayyibaw wa lā tattabi’ụ khuṭuwātisy-syaiṭān, innahụ lakum ‘aduwwum mubīn ”

Artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Syeikh ibnu Rojab Al hanbali dalam kitabnya Jamiul Ulum wal hikam berkata; ” orang yang bersedekah dengan harta curian maka ia tidak akan mendapatkan pahala, justru ia akan mendapatkan dosa karena telah menggunakan harta orang lain tanpa seizin pemiliknya”.

Baca juga   Kajian Hadist, Hukum Bersuci Menggunakan Air Yang Tergenang (Tidak Mengalir)

Dalam hal ini Rosulullah Saw juga menceritakan kisah seorang laki-laki yang berdoa meminta-minta  kepada Alla.  Meskipun dia sudah mengangkat kedua tangannya kelangit, meminta-minta, dan dia juga dalam keadaan bepergian jarak jauh, namun hanya karena makanan dan pakaiannya dari harta yg haram, Nabi merasa sangsi doanya akan terkabul. Cerita ini secara tidak langsung menjelaskan penyebab sekaligus penghalang doa kita terkabul.

Salah satu Penyebab doa kita dikabulkan salah satunya yaitu berdoa dengan meminta minta serta mengangkat kedua tangan kelangit dan dilakukan dengan khusyuk. Bahkan sebagian ulama juga berpendapat bahwa doanya orang yg dalam perjalanan jauh juga akan dikabulkan oleh Allah berdasarkan hadits diatas.  Namun syaratnya makanan yang ia konsumsi serta pakaian yang ia pakai adalah makanan serta pakaian yang diperoleh dari harta yang halal.

Perlu kita ingat, pastikan bahwa makanan yang kita makan adalah dari hasil yang halal karena makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada amal ibadah kita ,karenanya amal perbuatan kita rusak dan tidak diterima sehingga doa yang kita panjatkan tidak dikabulkan oleh Allah. Oleh karena itu kita harus memikirkan dan sangat hati-hati untuk asupan makanan yang kita makan agar ibadah kita diterima oleh Allah dan doa kita dikabulkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *