Niat Tayammum Dan Tata Cara Bertayammum Dengan Benar Lengkap Arab Artinya

Posted on

niat tayammum

Niat Tayammum Dan Tata Cara Bertayammum Dengan Benar Lengkap Arab Artinya – Tayammum adalah bersuci dari hadast besar dan hadast kecil dengan mengusap wajah dan kedua tangan menggunakan debu yang suci mensucikan pengganti dari wudlu dan mandi besar atau pengganti dari sebagian anggota wudlu yang tidak bisa terbasuh penting untuk di ketahui tayammum bisa di lakukan kalau  tidak ada air yang memenuhi syarat untuk berwudhu / bersuci.

firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 6 mengenai seseorang yang di perbolehkan bertayamum

وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ

Artinya:

“Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu” (Q.S Al-Maidah :6)

Sabda Rasulullah SAW :

وَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُورًا إِذَا لَمْ نَجِدِ الْمَاءَ

Artinya : Dijadikan bagi kami (ummat Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi was sallam ) permukaan bumi sebagai thohur/sesuatu yang digunakan untuk besuci (tayammum) jika kami tidak menjumpai air. (HR. Muslim no. 522).

Seseorang bertayammum harus dengan syarat dan ketentuan tertentu ,Syarat – syarat Bertayammum ada 5

Pertama, adanya udzur sebab bepergian atau sakit

Kedua, sudah masuk waktunya shalat.karena tayammum tidak sah di lakukan untuk shalat sebelum masuk waktunya

Baca juga   Niat Solat Tarawih Mengikut Imam Dan Tata Caranya Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

Ketiga, Sudah berusaha mencari air tetapi tidak dapat, sedangkan waktu sholat sudah masuk (kecuali orang yang bertayamum karena sakit atau sudah yakin bahwa disekitar tempat itu tidak ada air).

Keempat, sulit menggunakan air dengan kehawatiran jika menggunakan air dia akan kehilangan nyawa atau fungsi anggota badan nya

Kelima, debunya harus suci mensucikan dan sebelum melakukan tayammum menghilangkan najis terlebih dahulu.

Niat Dan Tata Cara Tayammum

Niat Tayammum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITUT TAYAMMUMA LISTIBAAHATIS SHALAATI FADHAL LILLAAHI TA’AALAA”

Artinya :Sengaja aku bertayammum untuk melakukan shalat fardhu karena Allah Ta’ala

Tata cara bertayammum :

Dijelaskan dalam sebuah hadits :

بَعَثَنِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فِى حَاجَةٍ فَأَجْنَبْتُ ، فَلَمْ أَجِدِ الْمَاءَ ، فَتَمَرَّغْتُ فِى الصَّعِيدِ كَمَا تَمَرَّغُ الدَّابَّةُ ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ « إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكَ أَنْ تَصْنَعَ هَكَذَا » . فَضَرَبَ بِكَفِّهِ ضَرْبَةً عَلَى الأَرْضِ ثُمَّ نَفَضَهَا ، ثُمَّ مَسَحَ بِهَا ظَهْرَ كَفِّهِ بِشِمَالِهِ ، أَوْ ظَهْرَ شِمَالِهِ بِكَفِّهِ ، ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ

 Artinya :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam mengutusku untuk suatu keperluan, kemudian aku mengalami junub dan aku tidak menemukan air. Maka aku berguling-guling di tanah sebagaimana layaknya hewan yang berguling-guling di tanah. Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam. Lantas beliau mengatakan, “Sesungguhnya cukuplah engkau melakukannya seperti ini”. Seraya beliau memukulkan telapak tangannya ke permukaan bumi sekali pukulan lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan)nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri)nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya. (HR. Bukhori no. 347 dan Muslim no. 368)

Baca juga   Niat Sholat Jumat Dan Hukum Sholat Jumat Beserta Dalil Quran Hadist Nya

Dan dalam salah satu lafadz riwayat Bukhori

وَمَسَحَ وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ وَاحِدَةً

 Artinya :

Dan beliau mengusap wajahnya dan kedua telapak tangannya dengan sekali usapan”.

Cara bertayammum pertama kita Membaca Basmallah dan Niat bertayamum (Niat dalam hati melakukan tayamum karena Allah Swt)

kedua,Menepukkan kedua tangan ke permukaan bumi, lalu menipiskannya dengan cara meniup-niup atau mengibaskannya.

ketiga, Mengusap-usap muka dan mengusap kedua tangan hingga pergelangan tangan. Semua usapan baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja.

Dan yang terakhir, Melakukannya dengan Tertib (berurutan), Membaca doa seperti doa setelah selesai berwudhu.

Itulah bacaan tayammum dan tata cara bertayammum,semoga bermanfaat bisa mebantu kita semua ketika ada kesulitan – kesulitan ketika hendak bertyammum.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *