Niat Solat Tarawih Mengikut Imam Dan Tata Caranya Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

Posted on

niat sholat tarawih

Niat Solat Tarawih Mengikut Imam Dan Tata Caranya Lengkap Arab Latin Beserta ArtinyaShalat tarawih merupakan salah satu sholat Sunnah yang masyhur dikalangan ummat muslim,sholat Sunnah yang satu ini hanya bisa dilakukan pada setahun sekali dibulan Ramadhan, mayoritas ummat muslim berbondong-bondong pergi kemasjid untuk mendirikan sholat Sunnah tarawih berjamaah, dan ada juga yang menjalankannnya dirumah.

Adapun berikut ini adalah pandangan mazhab Syafi’i perihal pelaksanaan shalat Tarawih. Pandangan mazhab Syafi’i ini dikutip dari Kitab Nihayatuz Zein karya Syekh M Nawawi Banten.

من النفل المؤقت الذي تسن فيه الجماعة صلاة (التراويح) …ولا يصح أن يصلي أربعا منها بسلام بل لا بد أن يكون كل ركعتين منها بسلام لأنها وردت كذلك

Artinya, “Salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah shalat (Tarawih)… Shalat Tarawih tidak sah dilakukan empat rakaat dengan satu salam, tetapi harus dua rakaat dengan satu salam sebagaimana riwayat hadits menyatakan demikian,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 112).

Dari Abu Dzar radhiallahu’anhu, ia berkata:

قلت: يا رسولَ اللهِ، لو نَفَّلْتَنا قيامَ هذه اللَّيلةِ؟ فقال: إنَّ الرَّجُلَ إذا صلَّى مع الإمامِ حتى ينصرفَ، حُسِبَ له قيامُ ليلةٍ

Baca juga   Niat Sholat Sunah Sebelum Sholat Wajib Lengkap Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Aku pernah berkata: wahai Rasulullah, andaikan engkau menambah shalat sunnah bersama kami malam ini! Maka Nabi bersabda: “sesungguhnya seseorang yang shalat bersama imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk” (HR. Tirmidzi no. 806, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Bacaan Niat Sholat Tarawih

Adapun berikut ini adalah lafal niat yang dibaca oleh makmum shalat Tarawih.

 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

 

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

 

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

lafal niat salat tarawih jika dalam posisi sebagai imam.

 اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā. Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah.”

Untuk Anda yang berniat menjalankan sholat tarawih sendiri di rumah, silakan membaca niat sholat tarawih di bawah ini.

Lafal niat salat tarawih jika posisi sendirian

اصلي سنة التراوح ركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Baca juga   Bacaan Niat Ketika Akan Menikah Lengkap Arab Beserta Artinya

“USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya :

Saya niat salat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Lafal niat shalat ini dikutip dari pelbagai sumber, yaitu Kitab Irsyadul Anam karya Sayyid Utsman bin Yahya (1822 M-1913 M)

Tata cara Sholat Tarawih

Kebanyakan orang mendirikan sholat tarawih empat rakaat dua rakaat salam, untuk bacaan dan syarat ketentuan sholatnya sama dengan sholat wajib dan sholat Sunnah lain nya hanya berbeda pada niatnya saja.

Untuk jumlah rakaat nya imam syafi’I menjelaskan dalam Syarah al-Manhaj yang menjadi pegangan pengikut Syafi’iyah di Al-Azhar al-Syarif, Kairo Mesir bahwa shalat Tarawih dilakukan 20 rakaat dengan 10 salam dan witir 3 rakaat di setiap malam Ramadhan.

Demikian penjelasan tentang niat shalat tarawih dan tata cara sholat tarawih,semoga bermanfaat bagi kita semua.Amiin

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *