Doa Niat Puasa Rajab Dan Anjuran Berpuasa Di Bulan Rajab Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa niat puasa rajab

Doa Niat Puasa Rajab Dan Anjuran Berpuasa Di Bulan Rajab Lengkap Arab Beserta ArtinyaRajab sudah tidak asing lagi kita semua mendengar nya,rajab merupakan bulan yang identik dengan puasa, dan mengingat besarnya keutamaan berpuasa di bulan rajab kita semua sebagai ummat muslim sangat dianjurkan berpuasa,karena bulan rajab termasuk salah satu bulan-bulan yang d muliakan Allah SWT.

disebutkan dalam hadits dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679). Jadi, empat bulan suci tersebut adalah (1) Dzulqo’dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab.

Oleh karena itu banyak kalangan ummat muslim berlomba-lomba  melakukan amalan-amalan  di bulan rajab, Salah satunya amalan yang dianjurkan adalah puasa.  Memang, di antara para ulama tidak ada kesepakatan mengenai hukum terkait puasa ini.

Baca juga   Kumpulan Macam-macam Niat Sholat Sunnah sesuai Ajaran Nabi SAW

Meski begitu, terdapat hadis yang menjelaskan anjuran berpuasa di bulan-bulan haram. Hadis tersebut diriwayatkan Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Mujibah Al Bahiliyah.

Rasulullah SAW bersabda, ” Puasalah pada bulan-bulan haram.”

Juga dalam hadis riwayat Muslim.

Rasulullah SAW bersabda, ” Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab)

Syeikh Nawawi  banten menjelaskan dalam kitabnya :

والعاشر صوم أيام الأشهر الحرم وهي أربعة المحرم ورجب وذو القعدة وذو الحجة. وأفضل الشهور رمضان ثم المحرم ثم رجب ثم ذو الحجة ثم وذو القعدة ثم شعبان. وظاهر كلامهم أن باقي شهور السنة على حد سواء

Artinya, “Kesepuluh puasa pada bulan-bulan terhormat, yaitu empat bulan: Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, dan Dzulhijjah. Bulan paling utama adalah Ramadhan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Dzulhijjah, kemudian Dzulqa‘dah, lalu Sya‘ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama, ” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah, 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 192).

Doa Dan Niat Puasa Rajab

Untuk niat  puasa rajab kita di anjurkan berniat pada malam haari Berikut ini lafal niat puasa Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Baca juga   Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Ketika kita lupa niat pada malam hari kita bisa niat di siang hari tapi dengan ketentuan kita belom makan dan minum apapun ,karena niat pada malam hari hanya d wajibkan untuk puasa wajib saja.Berikut niat puasa rajab di siang hari :

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Selain berpuasa kita dianjurkan memperbanyak doa bulan rajab , Doa tersebut bisa dibaca setelah shalat fardhu atau shalat lainnya ,Untuk doa yang dibaca bulan rajab adalah :

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa

Artinya: “Ya Alloh berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”

Demikian sedikit ulasan tentang doa niat puasa rajab,semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *