Niat Puasa Nabi Daud Dan Hukum Menjalankan nya Lengkap Beserta Penjelasannya

Posted on

niat puasa nabi daud

Niat Puasa Nabi Daud Dan Hukum Menjalankan nya Lengkap Beserta PenjelasannyaPuasa Daud merupakan salah satu amaln puasa Sunnah yang dianjurkan untuk ummat muslim artinya jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak akan mendapatkan apa-apa. Puasa Dawud adalah  puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara puasa selang-seling. Dan memiliki sejumlah keutamaan dan faedah yang luar biasa.

Disebut sebagai puasa dawud adalah karena ini dulunya merupakan amalan keseharian Nabi Dawud. Sepeninggal Nabi Dawud, pelaksanaan Puasa Dawud ini tidak hilang begitu saja, bahkan sampai sekarang puasa yang diajarakan oleh Nabi Dawud ini masih banyak yang menjalankan.

Hukum  Puasa Daud

Puasa nabi daud hukum nya Sunnah dan dibandingkan puasa sunnah lainnya, Puasa Daud lebih disukai Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

Artinya: Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. (HR. Bukhari)

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fikih Empat Madzhab mengatakan, “Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud. Yakni satu hari puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah yang paling afhdal.”

Niat Puasa Daud

Untuk niat Puasa Dawud itu sendiri ketika diucapkan, maka bunyinya :

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA”

Artinya : “Saya berniat melakukan Puasa Dawud, sunnah karena Allah Ta’ala”

Baca juga   Niat Puasa Syawal Dan Keutamaannya Lengkap Arab Beserta Artinya

Untuk praktek pelaksanaan nya sama dengan puasa-puasa Sunnah yang lain nya hanya saja berbeda pada niatnya dan puasa daud dilakukan secara berseling sehari puasa sehari tidak puasa. Dan pelaksanaan puasa dawud ini juga ditujukan hanya kepada orang yang mampu saja, dan ketika menjalani puasa ia tidak merasa terganggu aktivitasnya.

Ketika ada seorang yang melaksanakan puasa Sunnah ini dan aktifitasnya baik itu belajar maupun bekerja terganggu lebih baik tidak menjalankan nya, namun pilihlah amalan  puasa sunnah yang lebih ringan seperti puasa senin kamis atau puasa ayyamul bidh

Keutamaan Puasa Daud

Puasa sunnah paling utama

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

َفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Puasa yang paling utama adalah puasa Nabi Daud ‘alaihis salam. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari. (HR. An Nasa’i; shahih)

Puasa sunnah yang paling dicintai Allah

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya: Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Dan sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Dan ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. (HR. Muslim)

Puasa sunnah terberat

Puasa Daud merupakan puasa tertinggi dan terberat. Tidak boleh berpuasa melebihi ini karena tubuh juga punya hak untuk dijaga. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan lainnya:

Abdullah bin Amr berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menanyakan kepadaku, “Aku mendengar kabar bahwa engkau selalu qiyamul lail dan siangnya berpuasa.” Aku menjawab, “Benar ya Rasulullah.”Maka Rasulullah bersabda, “Berpuasalah dan berbukalah. Shalatlah dan tidurlah! Karena tubuhmu memiliki hak terhadapmu. Istrimu memiliki hak terhadapmu. Dan tamumu juga memiliki hak terhadapmu. Cukuplah bagimu berpuasa tiga hari setiap bulan.”

Baca juga   Niat Puasa Daud Dan Manfaat Menjalankan Nya Menurut Ajaran Hadist Lengkap Arab Artinya

Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Akhirnya aku berkata, “Ya Rasulullah, aku sanggup lebih dari itu.”Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, berpuasalah tiga hari setiap pekan.”

Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Aku berkata lagi, “Ya Rasulullah, aku sanggup lebih dari itu.”Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, berpuasalah seperti Nabi Daud dan jangan lebih dari itu.”

Aku bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana puasa Nabi Daud itu?” Rasulullah bersabda, “Ia berpuasa sehari lalu berbuka sehari.”

Puasa yang paling adil

Dalam riwayat Imam Muslim, Rasulullah menganjurkan puasa Daud dan menyebutnya sebagai puasa yang paling adil.

صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ . قَالَ قُلْتُ فَإِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

Artinya: Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Demikian ringkasan tentang niat puasa nabi daud dan penjelasannya,semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua,Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *