Niat Puasa Daud Dan Manfaat Menjalankan Nya Menurut Ajaran Hadist Lengkap Arab Artinya

Posted on

niat puasa daud

Niat Puasa Daud Dan Manfaat Menjalankan Nya Menurut Aajaran Hadist Lengkap Arab Artinya  – Puasa daud adalah puasa yang paling d sukai Allah, ibadah puasa yang di laksanakan dengan berselang hari  semisal hari ini puasa besok tidak  begitu seterusnya ,di dalam puasa daud banyak keutamaan dan faedahnya

Seperti yang telah dikatakan oleh Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya : “Sebaik-baiknya ibadah shalat di hadapan Allah SWT yaitu shalat yang dilaksanakan Nabi Daud AS. Sebaik-baiknya ibadah puasa di hadapan Allah SWT yaitu puasa Daud.  Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Puasa Daud adalah Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR.Bukhari).

صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَهُوَ أَفضل الصِّيَامِ . قَالَ قُلْتُ فَإِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِك

Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling utama. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Baca juga   Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Yang Benar Lengkap Beserta Penjelasannya

Dan Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menegaskan, “Puasa-puasa sunnah yang disepakati para ulama antara lain puasa sehari dan tidak puasa sehari. Inilah puasa yang paling utama.”

Hukum melaksanakan nya Sunnah bagi umat muslim ,ketika mengerjakan mendapatkan pahala dan ketika menggalkan tidak mendapatkan dosa ,tetapi alangkah baiknya kita sebagai muslim yang taat hendaknya istiqomah melakukan sunnah2 yang di ajarkan oleh Nabi SAW.

Manfaat berpuasa daud

Sungguh amalan puasa sangatlah banyak manfaat nya termasuk melakukan puasa daud Disamping mendapatkan amal yang berlipat bagi Umat Islam yang menjalankannya, menurut sebuah penelitian ,melakukan puasa daud bisa mempertajam otak karena berpuasa berselang – seling  memuat neuron di otak mendapatkan energy lebih,sehingga meningkatkan fungsi kognitif.

Dengan puasa bisa memudahkan kita untuk selalu bisa mawas diri, waspada, dan ingat kepada Allah untuk selalu menjaga kemaksiyatan dan Kebiasaan buruk yang sebelumnya dikerjakan setiap hari akan teratasi dengan dikerjakannya puasa Daud.

Ketika amalan puasa daud sudah menjadi kebiasaan yang tdak bisa di tinggalkan ,dengan sendirinya maka kita akan memiliki kekuatan menomorsatukan Allah SWT, kejujuran, dan keikhlasan. Sehingga dari kita akan  terbentuk pribadi yang jauh lebih tenang, emosionalnya stabil, nafsu perut dan birahinya terkendali, dan hatinya tercerahkan dengan kesadaran bahwa Allah SWT selalu mengawasi.

Baca juga   Bacaan Rukuk Dalam Shalat Dan Tata Cara Rukuk Yang Benar Lengkap Arab Artinya

Berpuasa tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan hati dan pikiran melainkan juga bermnnfaat bagi ksehatan tubuh.

Puasa Sunnah daud  syarat dan ketentuan nya tidak jauh beda dengan puasa Ramadhan yang hanya di lakukan pada bulan Ramadhan dan puasa Sunnah lain nya , terdiri dari niat di sunnahkan sahur ,menjaga dari hal – hal yang membatalkan puasa dan ketika sudah seharian puasa maka berbukalah ketika sudah tiba waktu nya .

Niat Puasa Daud

Lafadz niat puasa Daud adalah sebagai berikut:

niat puasa daud

Lafadz niat puasa daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa)

artinya: saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah Ta’ala

Demikian pembahasan niat puasa daud.Semoga kita istiqomah dalam proses untuk menjadi yang lebih baik lagi dan istiqamah bribadah, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *