Niat Mandi Taubat Dan Tata Cara Mandi Taubat Bahasa Arab Beserta Artinya

Posted on

niat mandi taubat

Niat Mandi Taubat Dan Tata Cara Mandi Taubat Bahasa Arab Beserta Artinya – Mandi taubat adalah mandi yang di lakukan seserang yang baru saja masuk islam atau seseorang yang baru taubat dari kefasikan, mandi taubat sama halnya dengan mandi wajib atau mandi yang lain nya yaitu dengan membasahi sekujur tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki.Hanya niat nya saja yang berbeda.

Mandi taubat sendiri hukumnya Sunnah  bagi orang yang baru masuk islam atau baru keluar dari kefasikan. Berdasarkan pendapat  dari imam syafi’i dan imam hanafi bahwa mandi taubat memiliki hukum sunnah dan bukan wajib.

تذكرة الفقهاء – ج ٢ : ١٤٥-١٤٦

ابو منصور جمال الدين الحسن بن يوسف بن المطهر العلامة الحلي

مسألة ٢٨٠ : وغسل التوبة مستحب‌ وليس بواجب ، سواء كانت عن كفر أو فسق عند علمائنا ـ وبه قال الشافعي ، وأبو حنيفة (٤) ـ لأن العدد الكثير من الصحابة أسلموا ، فلو وجب الغسل لنقل نقلا متواترا ، أو مشهورا

ولأنه 7 قال لمعاذ ـ لمّا بعثه إلى اليمن ـ : ( ادعهم إلى شهادة أن لا إله إلا الله ، وأن محمدا عبده ورسوله ، فإن هم أطاعوا لك بذلك فأعلمهم أن عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد في فقرائهم ) (٥) ولو كان الغسل واجبا لبيّنه ، ولأن الإسلام عبادة ليس من شرطها الغسل فلا يجب لها كالجمعة

[ Masalah 280 ] “Dan mandi Taubat adalah sunah, tidak wajib baik akibat taubat dari kekufuran ataupun kefasikan, pendapat ini yang dipilih oleh Syafi’i karena tidak terhitung jumlah sahabat saat mereka masuk islam, andaikan ada keterangan kewajiban mandi niscaya terdapat dalil Naql secara masyhur dan tawatur.

Dan dengan berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW pada sahabat Mu’adz saat diutus ke Yaman “Ajaklah mereka pada kesaksian Tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, bila mereka tunduk dan mentaatinya beritahukan pada mereka bahwa diwajibkan shadaqah atas mereka dengan diambilkan dari harta-harta para aghniya’ (orang-orang kaya) diberikan pada kaum fuqaraa’ mereka”

Baca juga   Doa Niat Puasa Rajab Dan Anjuran Berpuasa Di Bulan Rajab Lengkap Arab Beserta Artinya

Andaikan mandi Taubat wajib niscaya Nabi jelaskan saat itu. Dan karena islam adalah ibadah yang diantara syarat-syaratnya tidak mesti harus mandi seperti halnya shalat jumah.

Rukun Mandi Taubat

Menurut pendapat Abdullah bin Abbas, rukun taubat ada 3 (tiga), diantaranya adalah :

Menyesal dalam Hati

Menyesal dalam hati kita yang paling dalam, terhadap apa yang sudah kita lakukan (misalnya maksiat). Hati kita benar-benar menyesali terhadap maksiat yang sudah kita lakukan dan tidak akan mengulangi lagi. Intinya penyesalan dalam hati dan hati kita menyadari bahwa maksiat yang kita lakukan adalah dosa.

Dinyatakan dengan Lidah (Mengucapkan Istighfar / Sayyidul Istighfar)

Setelah hati kita menyesali perbuatan maksiat yang telah kita lakukan, kita juga harus menyatakan atau mengucapkan dengan lidah kita, yaitu dengan mengucapkan istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ

atau

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

atau dengan lafadz Sayyidul Istighfar

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

 Artinya :Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Baca juga   Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Yang Benar Lengkap Beserta Penjelasannya

Bertekad Kuat Tidak Akan Mengulangi

Setelah menyesali dalam hati dan membaca istighfar, kita harus bertekad kuat untuk diri kita, hati kita bahwa tidak akan mengulangi perbuatan maksiat lagi. Biasanya orang yang benar-benar bertekat kuat ini tidak akan mempan ketika di ajak teman-temannya untuk mengulangi perbuatannya lagi

Niat Mandi Taubat dan Tata Cara Mandi Taubat

Niat Mandi Taubat

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَة عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ لِلَّهِ تعَالى

“Nawaitul ghusla lit-taubati ‘an jamii’idz dzunuubi lillahi ta’aalaa”

Artinya :Sengaja saya niat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin, karena Allah Ta’ala

Tata Cara Mandi Taubat

Berniat dengan baik secara lisan ataupun di dalam hati saat akan melakukan mandi taubat ataupun mandi junub untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa dan kotoran yang menempel di badan.

Menuangkan air pada kedua tangan kemudian basuhlah kedua tangan sebanyak dua atau tiga kali.

Mencuci daerah kemaluan dengan tangan kiri.Membersihkan seluruh badan dengan sabun layaknya seperti saat mandi pada umumnya dengan menggosokkan sabun menggunakan tangan kiri.

Lalu berwudhu seperti urutan saat berwudhu seperti biasa saat akan sholat dimulai, kemudian mencuci pergelangan tangan sampai dengan membasuh kaki.

Meratakan air air ke seluruh bagian tubuh mulai dari  rambut dan kulit badan sampai masuk ke bagian yang susah terkena air.

Kita sebagai manusia tidak luput dengan namanya dosa atau kemaksiyatan, semoga dengan beristighfar dan mandi taubat sedikit demi sedikit dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *