Dzikir Sebelum Buka Puasa Ramadhan Yang Dianjurkan

Posted on

dzikir menjelang buka puasa

Dzikir Sebelum Buka Puasa Ramadhan Yang DianjurkanBulan raadhan merupakan bulan dimana kita dianjurkan semangat dalam beribadah dan memperbanyak amalan baik,diantara keistimewaan bulan ramadhan jika seseorang  bisa menunaikan ibadahnyan dengan baik maka Allah tak segan-segan akan mendatangkan ampunan untuk dosa-dosa nya dengan catatan benar-benar dilakukan karena allah.itu artinya ramdhan adalah bulan pembakaran dosa.

Dikutip dari hadits Abu Hurairah di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِى مُنَادٍ يَا بَاغِىَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِىَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan”.

Baca juga   Khutbah Idul Fitri : Meraih Kesucian Di Hari Yang Fitri

Ibnu Baththol rahimahullah mengatakan, “Yang dimaksud karena iman adalah membenarkan wajibnya puasa dan ganjaran dari Allah ketika seseorang berpuasa dan melaksanakan qiyam ramadhan. Sedangkan yang dimaksud “ihtisaban” adalah menginginkan pahala Allah dengan puasa tersebut dan senantiasa mengharap wajah-Nya.” (Syarh Al Bukhari libni Baththol, 7: 22). Intinya, puasa yang dilandasi iman dan ikhlas itulah yang menuai balasan pengampunan dosa yang telah lalu.

Oleh karena itu jangan kita sia-siakan bulan ramadhan yang datang nya setahun sekali ini,mari kita semua semangat beribadah dan memperbanyakm amalan-amalan baik,salah satunya dengan cara memperbanyak dzikir dan membaca Alqur’an.

Dalam berdzikir kita dapat berdzikir sewaktu-waktu misalnya dzikir sebelum buka puasa ramadhan,sambil menunggu adzan maghrib berkumandang ,kita gunakan untuk berdzikir agar hati dan fikiran kita tenang karena merasa dekat dengan Allah.

Bacaan Dzikir Sebelum Buka Puasa

Berikut adalah bacaan dzikir menjelang buka puasa :

Membaca syahadat dan beristighfar

أَشْهَدُ أَنْ لَآإِلَهَ إِلاَّ اللهُ أَسْتَغْفِرُ الله نَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَنَعُوْذُبِكَ مِنَ النَّارِ

Asyhadu anlaa ilaaha illalloh astaghfirulloh nasalukal jannata wa na’uudzubika minannaar.

Artinya: ‘Saya bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan Allah, saya memohon ampunan kepada Allah, saya memohon kepadaMu surga dan berlindung kepadaMu dari neraka’

Baca juga   Kajian Islam, Sudahkah Kita Sholat Fardhu Lima Waktu ?

Membaca sholawat

Tidak ada sholawat khusus yang dibaca ketika menjelang buka puasa,terserah kita mau baca sholawat yang mana saja ,namun biasanya kebanyakan sebagian ummat muslim membaca sholawat fil awwakiin

اللَّهُمَّ  صَلِّ عَلَى  سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّد في الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ  وَفِي الْمَلأِ الأَعْلَى إِلَى يَوْمِ الْدِّينِ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin fil awwalin wal akhirin wafil malail a’la ila yaumiddin

“Ya Allah, limpahkan rahmat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad saw. beserta keluarganya sebanyak selawat yang diucapkan orang-orang terdahulu dan kemudian, dan sebanyak ciptaan yang ada di langit sampai hari kiamat.”

Sekian uraian tentang dzikir sebelum buka puasa ,mari kita sama-sama saling mengingatkan untuk meningkatkan kadar keimanan kita semua apalagi dibulan suci ramadhan bulan pembakar dosa,sungguh kita termasuk hamba yang merugi jika menyia-nyiakanya,Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *