Doa Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan Lengkap Arab Dan Artinya Beserta Penjelasan nya

Posted on

doa ziarah kubur menjelang ramadhan

Doa Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan Lengkap Arab Dan Artinya Beserta Penjelasan nyaZiarah kubur menjelang ramadhan merupakan tradisi sebagian ummat muslim yang bertujuan untuk mendoakan para ahli kubur, dan ziarah kubur merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh rashulullah SAW ,dengan ziarah kubur bisa mengingatkan kita semua akan aakhirat dan kematian selain itu kita juga berusaha memenuhi hak  ahli kubur   yang diziarahi, seperti ziarah ke makam orang tua.

Diriwayatkan oleh imam muslim RA rashulullah SAW bersabda:

قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ : نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ اْلقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا

Artinya :    Rasulallah s.a.w bersabda: Dahulu aku telah melarang kalian berziarah ke kubur. Namun sekarang, berziarahlah kalian ke sana. (H.R. Muslim)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : اِسْتَأْذَنْتُ رَبِّيْ أَنْ أَسْتَغْفِر لأُمِّيْ ، فَلَمْ يَأذَنْ لِيْ ، وَاسْتأذَنْتُهُ أنْ أَزُوْرَ قَبْرَهَا فَأذِنَ لِيْ

Artinya:    Dari Abu Hurairah r.a. Berkata, Rasulallah s.a.w. bersabda: Aku meminta ijin kepada Allah untuk memintakan ampunan bagi ibuku, tetapi Allah tidak mengijinkan. Kemudian aku meminta ijin kepada Allah untuk berziarah ke makam ibuku, lalu Allah mengijinkanku. (H.R. Muslim)

Apakah Boleh Perempuan ziarah kubur ?

Baca juga   Bacaan Takbirotul Ihram Dan Tata Cara Yang Benar Lengkap Arab Beserta Artinya

Hadis riwayat imam Muslim, al Nasa’i dan imam Ahmad yang menggambarkan bahwa Rasulullah SAW melegalkan ziarah kubur bagi Aisyah  di pemakaman Baqi’, bahkan beliau mengajarkan doa yang dibaca ketika memasuki area pemakaman.

قَالَتْ قُلْتُ كَيْفَ أَقُوْلُ لَهُمْ  يَا رَسَوْلَ اللهَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قُوْلِي السَّلاَمُ عَلَى أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُسْلِمِيْنَ وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ

“Ia (Aisyah ra) berkata: Aku berkata (kepada Rasulullah SAW) apa yang aku ucapkan kepada mereka (ahli kubur) wahai Rasulullah saw. beliau menjawab: katakanlah “Salam kepada penghuni rumah-rumah (kuburan) dari orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, semoga Allah merahmati orang-orang yang telah dahulu (meninggal) dari kami dan orang- orang yang akhir (meninggalnya), dan sesungguhnya kami jika Allah menghendaki akan menyusul kalian.”

Bacaan Doa Ziarah Kubur

Dalam kitab al-Adzkar karya Imam Nawawi dijelaskan ketika kita berziarah ubur  kita dianjurkan untuk berdoa untuk ahli kubur. Berdasarkan Hadis Nabi SAW, dari sayyidah Aisyah berkata bahwa ia bertanya kepada Nabi SAW, “Apa yang harus aku ucapkan wahai Rasulullah SAW?” –yakni ketika ziarah kubur-, Rasulullah SAW menjawab “Berdo’alah:

السَّلاَمُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ ، يَرْحَمُ اللَّهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاَحِقُونَ

Baca juga   Doa Untuk Anak Yang Sedang Ujian Supaya Diberi Kemudahan Dalam Mengerjakan

“Semoga keselamatan terlimpahkan untuk ahli kubur, baik mukmin dan muslim, dan semoga Allah merahmati orang-orang yang meninggal baik yang terdahulu dari kita maupun yang akan datang, dan sesungguhnya dengan izin Allah SWT akan menyusul kalian (menjadi ahli kubur)”. (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain dapat juga berdo’a dengan lafadz:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ لَلاَحِقُونَ أَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

“Semoga keselamatan tercurah kepadamu, ahli kubur, dari golongan mukmin, dan sesungguhnya dengan izin Allah SWT kami akan menyusulmu, aku memohon kepada Allah SWT supaya Allah SWT memberikan ampunan untuk kami dan kalian”. (HR. Muslim)

Sekian penjelasan tentang doa ziarah kubur menjelang ramadhan,untuk doa diatas bisa dibaca saat kita berziarah ke kuburan,dan karena sudh mendekati bulan puasa sempatkan waktu untuk berziarah dan mendoakan ahli kubur kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *