Doa Untuk Pemimpin Agar Tidak Salah Pilih Dalam Pemilu

Posted on

doa untuk pemimpin

Doa Untuk Pemimpin Agar Tidak Salah Pilih Dalam PemiluDalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat kita harus mempunyai seorang pemimpin,pemimpin merupakan hal penting , tanpa pemimpin kita semua tidak akan bisa mewujudkan suatu pencapaian karena pemimpin adalah wasilah terwujudnya semua yang di angan-angankan oleh rakyatnya. Oleh karena itu kita harus pintar memililih pemimpin supaya semua berjalan dengan efektif dan dapat membawa negara mencapai tujuan dengan maksimal.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, pemimpin harus adil kepada semua rakyatnya dan memberikan setiap orang yang mempunyai akan haknya. Untuk masalah siapa pemimpin kita, sebagai warga yang taat beragama dan bernegara kita harus taat dan mematuhi segala kebijakannya

Dari ‘Auf bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خِيَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُحِبُّونَهُمْ وَيُحِبُّونَكُمْ وَيُصَلُّونَ عَلَيْكُمْ وَتُصَلُّونَ عَلَيْهِمْ وَشِرَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُبْغِضُونَهُمْ وَيُبْغِضُونَكُمْ وَتَلْعَنُونَهُمْ وَيَلْعَنُونَكُمْ ». قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلاَ نُنَابِذُهُمْ بِالسَّيْفِ فَقَالَ « لاَ مَا أَقَامُوا فِيكُمُ الصَّلاَةَ وَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْ وُلاَتِكُمْ شَيْئًا تَكْرَهُونَهُ فَاكْرَهُوا عَمَلَهُ وَلاَ تَنْزِعُوا يَدًا مِنْ طَاعَةٍ

“Sebaik-baik pemimpin kalian adalah yang kalian mencintai mereka dan mereka pun mencintai kalian. Mereka mendo’akan kalian dan kalian pun mendo’akan mereka. Sejelek-jelek pemimpin kalian adalah yang kalian membenci mereka dan mereka pun membenci kalian, juga kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian.” Kemudian ada yang berkata, ”Wahai Rasulullah, tidakkah kita menentang mereka dengan pedang?”   Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak, selama mereka masih mendirikan shalat di tengah-tengah kalian. Jika kalian melihat dari pemimpin kalian sesuatu yang kalian benci, maka bencilah amalannya  dan janganlah melepas ketaatan kepadanya.” (HR. Muslim no. 1855)

Baca juga   Doa Sholat Dhuha Dan Keutamaan Sholat Dhuha Berdasarkan Dalil Hadist

Doa Untuk Kebaikan Pemimpin

Dalam pesta demokrasi kita sebagai rakyat yang akan dipimpin harus tau bagaimana karakter dan cara bersosial calon pemimpin kita,dari situ kita akan tau bagaimana langkah kedepan dia akan membawa suatu negara dan selain itu sebaiknya sebelom kita mencoblos kita berdoa agar tidak salah dalam memilih seorang pemimpin dan diberikan seorang pemimpin yang baik, berikut doanya :

Doa Untuk Pemimpin Agar Tidak Salah Memilih

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا – بِذُنُوْبِنَا – مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ

Allahumma lâ tusallith ‘alainâ—bidzunübinâ—man lâ yakhâfuKa walâ yarhamunâ…

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami—karena dosa-dosa kami—orang yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami.

Doa Untuk Kebaikan Pemimpin

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Baca juga   Bacaan Doa Kamilin Atau Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab Dan Artinya

Demikian penjelasan tentang doa untuk pemimpin dan kebaikan pemimpin agar tidak salah pilih dan dipimpin oleh orang yang benar,untuk kita semua gunakan hak pilih kita dengan baik pilih pemimpin yang menurut kalian banyak membawa kemanfaatan dan kemaslahatan bagi rakyat seluruhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *