Doa Untuk Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Dan Artinya

Posted on

doa menjenguk orang sakit

Doa Untuk Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Dan Artinya – Umat muslim di anjurkan untuk mengunjungi satu sama lain menjaga dan memelihara persaudaraan, tidak boleh menyakiti seorang dari mereka ,saling melakukan kebaikan ,mengunjunginya ketika sakit, saling mendoakan dalam kebaikan dan saling beramah tamah dengan mereka ketika bertemu

قال الشاعر : احسن الي الناس تستعبد قلوبهم فطالما استعبد الانسان احسان

Artinya : berbuatlah kebaikan terhadap manusia niscaya tunduklah hati mereka, Maka senantiasa kebaikan menundukkan manusia.

Ketika ada kerabat ,sahabat atau tetangga kita sedang sakit kita sangat d anjurkan untuk menjenguknya ,kemudian mendoakan kesembuhan dan segera pulih kembali seperti sedia kala.

Dengan menjenguknya secara tidak langsung kita memberi semangat ,meringankan kesedihan dan mengurangi rasa sakit bagi orang yang sakit,sebab sudah sewajarnya kita sebagai umat muslim untuk saling membutuhkan dan mengulurkan tangan dalam keadaan sakit atau tertimpa musibah.

Sebuah hadist meriwayatkan menjenguk seorang yang sedang sakit adalah amalan yang mulia dan banyak pahala nya

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya Чαπƍ muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Baca juga   Doa Sholat Wajib Lengkap Mudah Dihapal Dan Praktis Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Doa Menjnguk Orang Sakit

Berikut adalah kumpulan doa ketika menjenguk orang yang sedang sakit :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,”

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW membaca doa ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,”

Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan baca doa berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. Dengan doa ini, Allah diharapkan mengangkat penyakit yang diderita orang tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,”

Baca juga   Doa Shalat Istikharah Dan Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap Arab Beserta Artinya

Mendoakan kesembuhan dengan menyebut langsung nama orang yang sakit. Seperti yang  dilakukan Rasulullah SAW saat menjenguk Sa‘ad bin Abi Waqqash sebagaimana riwayat Imam Muslim ,kita tinggal mengganti nama saad dengan nama yang lagi sakit.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,”

Sementara lafal doa ini bisa dibaca sebagai untuk penyakit apa saja. Doa ini dibaca Rasulullah SAW ketika menjenguk seorang badui yang menderita demam.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,”

Doa doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni berikut ini.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”

Demikian kumpulan doa – doa yang kita ucapkan ketika menjenguk seorang yang sedang sakit,Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *