Doa Ulang Tahun Dan Hukum Merayakan Nya Lengkap Arab Dan Artinya

Posted on

Doa Ulang Tahun Dan Hukum Merayakan Nya Lengkap Arab Dan Artinya Ulang tahun adalah memperingati hari kelahiran seseorang  yang biasanya di rayakan dengan pesta atau tasyakuran dan pemberian hadiah ,perayaan hari ulang tahun diadakan sesuai kebiasaan individu masing – masing yang memperlakukan diri nya secara istimewa pada hari ulang tahun nya tujuan nya sekedar mengingat  hari dimulainya kehidupan di luar Rahim.

Hukum merayakan ulang tahun

Kita semua paham bahwasan nya semua yang kita lakukan berdasarkan niat (Innamal a’malu binniyat) niat itu sendiri yang akan menilai apakah tindakan tersebut bernilai ibadah atau hanya sekedar tradisi semata ,yang penting didalam tindakan tersebut mengandung nilai positif seperti:   menyampaikan tahni’ah/ucapan selamat kepada sesama muslim, selagi tidak bertentangan dengan syariat islam maka boleh dan layak di lakukan.

Kaluapun dalilnya tidak ada dalam qur’an ataupun hadist kita masih punya aalternatif qiyas dan ijma’ ,dalam hal ini kita memakai dalil qiyas ,mengqiyaskan peringatan ulang tahun dengan cerita sahabat nabi . Imam Bukhori meriwayatkan sewaktu sahabat Ka’ab bin Malik menerima kabar gembira dari nabi saw. Mengenai penerimaan taubatnya, maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahni’ah).

Selama tidak ada hal – hal negative di dalamnya semisal : menyalakan lilin, memasang gambar patung (walaupun berukuran kecil) di tengah-tengah kue yang dihidangkan atau alatul malahi (alat permainan musik) yang diharamkan,maka hukum merayakan ulang tahun di perbolehkan .

Baca juga   Doa Selesai Wudhu Dan Penjelasannya Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Selain  merayakan ulang tahun dan mengucapkan selamat ulang tahun ,ada doa khusus untuk ulang tahun dan berikut adalah doa nya :

Doa Ulang Tahun Memohon Panjang Umur

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA, WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY-SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Artinya :
Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Ulang Tahun Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI

Baca juga   Doa Sesudah Tasyahud Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab Dan Artinya

Artinya :
Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Doa Ulang Tahun Memohon Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

ROBBI HABLII MIN LADUNKA DZURRIYYATAN THOYYIBATAN INNAKA SAMII’UD DU’AA-I

Artinya :
Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa.

Doa Ulang Tahun Memohon Kemuliaang (Keluarga)

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

ROBBANAA HABLANAA MIN AZWAAJINAA WA DZURRIYYAATINAA QURROTA A’YUNI WAJ-‘ALNAA LILMUTTAQIINA IMAAMA

Artinya :
Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Semoga bermanfaat dan kita semua termasuk orang – orang yang barokah umurnya , taat kepada perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *