Doa Tolak Bala Untuk Mencegah Datangnya Musibah Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa tolak bala

Doa Tolak Bala Untuk Mencegah Datangnya Musibah Lengkap Arab Beserta Artinya – Dalam kehidupan ini kita tidak tau kapan musibah akan menghampiri kita ,jika Allah sudah berkehendak  semua hal bisa terjadi, meski hal tersebut tidak kita inginkan yang namanya musibah bisa datang kapanpun dan dimanapun tanpa bisa kita duga.

Siapapun pasti tak pernah mengharapkan musibah datang, sebagai seorang muslim kita di anjurkan berikhtiyar mencegah datang nya musibah kepada kita sala satunya Rasulullah SAW mengajarkan untuk bersedekah ,karena sedekah dapat menolak atau mengurangi tingkat musibah yang “seharusnya” menimpa kita.

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺗَﺮُﺩُّ ﺍﻟﺒَﻼَﺀ ﻭَﺗُﻄَﻮِّﻝُ ﺍﻟﻌُﻤْﺮَ

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Upaya untuk “menghindar” dari takdir. Hal ini yang disebut sebagai tolak bala adalah dengan  doa,doa  juga merupakan salah satu bentuk amal saleh penolak bala. Dalam setiap kesempatan memohon dan berdoa kepada Allah  untuk di jauhkan segala bala dan musibah yang akan menimpa kita dengan membaca doa tolak bala.

Bacaan Doa Tolak Bala

Berikut baaan doa – doa tolak bala

للَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ

 Allohumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghomma, Yaa Man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafi’al bala-i Yaa Allah, Ya rohman, wa Yaa dafi’al bala-i Yaa Allah Yaa Rohiim.”

Baca juga   Doa Sesudah Sholat Tarawih Lengkap Arab Latin Beserta Artinya Dan Penjelasannya

Artinya, “Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 50).

Setelah membaca doa ini, seseorang dianjurkan untuk menutupnya dengan shalawat dan pujian singkat berikut ini:

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Artinya, “Semoga Allah memberikan shalawat untuk Sayyidina Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan. Salam Allah untuk para rasul-Nya. Segala puji bagi Allah tuha semesta alam,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 50).

اللهمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allohumma inni a’u dzubika min jahdil bala-i, wa darokisysyaqoo suu-il qodhoo-i, wa syamaatatil a’daa-ii”

Artinya: Ya Alloh, sebetulnya aku memohon bantuan kepada-Mu dari bala atau bencana, kesukaran hidup, buruknya takdir, serta hinaan dan cemoohan orang-orang yang memusuhi.

Baca juga   Doa Panjang Umur Diberi Kesehatan,Mudah Rizqi Dan Khusnul Khotimah Lengkap Arab Beserta Artinya

اللهم ادفع عنا الغلاﺀ والبلاﺀ والوباﺀ والفخشاﺀ والمنكر والبغي والسيوف المختلفة والشداﺀد والمحن ماظهر منها ومابطن من بلدنا هذا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة إنك على كل شيﺀ قدير

Allaahummadfa’ ‘annal-gholaa-a walbalaa-a, walwabaa-a, walfahsyaa-a, walmunkaro, wassuyuufal-mukhtalifata, wasy-sya daa-ida, walmihana maadhoharo minha, wamaa baathona min baladinaa khossotan, wa min buldaanil muslimiina ‘aamma tan, innaka ‘alaa qulli syai-in qodiirun.”

Artinya: Ya Allah, hindarkanlah kami dari kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman, paceklik-paceklik, dan segala ujian, yang lahir maupun batin, dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya. Karena sebetulnya Engkau atas segala sesuatu yaitu kuasa.

اللهم ياكافي البلاء اكفنا البلاء قبل نزوله من السماء

“Allahumma Ya Kafiyal Bala Ikfinal Bala Qobla Nuzulihi Minas Samaa”

Artinya : Ya Allah wahai dzat  penolak bencana peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.

Kita semua berharap dengan doa tolak bala tersebut, kita semua selalu dalam perlindungan Allah  terhindar dari segala macam musibah,Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *