Doa Susah Tidur Atau Insomnia Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa susah tidur

Doa Susah Tidur Atau Insomnia Lengkap Arab Beserta Artinya – Tidur adalah cara untuk istirahat setelah melakukan banyak aktifitas di setiap harinya,  tidur merupakan kebutuhan bagi setiap orang .karena badan dan fikiran kita membutuhkan istirahat agar tubuh dan pikiran kita segar kembali untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Dan Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup.

Tidak bisa kita pungkiri terkadang kita mengalami yang namanya susah tidur, Tentu tubuh tidak bisa beristirahat.Padahal keesokan harinya banyak pekerjaan telah menunggu yang harus di kerjakan ,karena susah tidur Alhasil tubuh terasa lemah dan tak sanggup bekerja maksimal.

Susah tidur sangat mengganggu bisa saja kesehatan kita akan menurun dan badan kita akan terasa lemas pikiran pun menjadi tidak karuan sehingga mengakibatkan aktivitas kita kurang optimal karena mengantuk pada siang harinya, dan jika kesehatan kita menurun  menyebabkan kita mudah terkena penyakit.

Rasulullah Saw, juga menganjurkan kepada kita umat islam untuk membaca doa sebelum tidur, pada saat hendak tidur. Supaya pada saat kita tidur, dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari godaan setan maupun ancaman dari binatang-binatang buas pada saat tidur.

Dari Hudzaifah, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ « بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا » . وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ ” الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا ، وَإِلَيْهِ النُّشُورُ “

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324(

Baca juga   Bacaan Doa Kamilin Atau Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab Dan Artinya

Ketika kita mengalami kesusahan atau kesulitan  tidur, hendaknya kita membaca doa susah tidur agar tidak terganggu  oleh banyak hal yang menyebabkan sulit tidur dan selalu dilindungi oleh Allah SWT. Sehingga kita dapat tidur dengan nyenyak dan bisa menjalani rutinitas esok harinya dengan baik.

Bacaan Doa Susah Tidur

Dikutip dari kitab al-Adzkar karya Imam Nawawi berikut adalah beberapa doa bagi orang yang susah tidur  :

Riwayat Zaid bin Tsabit

Suatu ketika Zaid bin Tsabit susah tidur karena suatu alasan, kemudian ia mengadu kepada Nabi Saw, dan beliau mengatakan kepada Zaid agar membaca doa ini:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ ، وهَدَأَتِ الْعُيُونُ، وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَنِمْ عَيْنِي وأهْدِئْ لِيَلِي

“” Allaahumma ghaaratin nujuumu wa hada atil ‘uyuunu wa anta hayyung qayyum. Laa ta’khudzuka sinatuw wa laa naum. Yaa hayyu yaa qayyuumu ahdi lailii wa anim ‘ain.”

Artinya : Wahai Tuhan yang mengorbitkan bintang-bintang, Yang membuat mata terpejam, Engkau adalah Yang Hidup dan Terjaga, wahai Yang Hidup dan Terjaga lelapkanlah mataku dan redupkanlah malam.”

Setelah membaca doa ini, tetiba penyakit susah tidurnya pun hilang, dan Zaid kembali bisa tidur seperti biasa.

Riwayat Khalid bin Walid

Dikisahkan bahwa Khalid bin Walid pernah curhat kepada Nabi Saw keadaannya yang susah tidur di waktu malam, kemudian Nabi menyarankannya beberapa hal berikut:

فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Kemudian Rasulullah memerintahkannya untuk bertaawwudz (berdoa minta perlindungan kepada Allah) ketika hendak tidur dengan membaca: “Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

Baca juga   Doa Zakat Fitrah Dan Niat Zakat Baik Untuk Diri Sendiri Istri Ataupun Anak

Riwayat Khalid bin Walid

Dikisahkan seperti halnya kisah Khalid sebelumnya. Namun dengan resep doa yang berbeda.

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

“Allahumma robbas-samawaawaati wamaa adzollat wa robbal arodhiina wamaa aqollat wa robbas-syayaatiin wamaa adhollat kun lii jaaroon min syarri jamii’il jinni wal-insi, wa an-yufroto ‘alaiyya ahadun minhum au an-yu’dziyaniii  ‘azza jaaruka wa jalla tanaauka wa laa ilaaha ghoiruka”

Artinya : Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan  dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.

Semoga dengan membaca doa di atas kita semua terhindar dari yang namanya Susah tidur atau insomnia,entahlah apa jadinya kalau kita semalam tidak bisa tidur dan pikiran kemana-mana,yang ada semua terbengkalai, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *