Doa Sholat Dhuha Dan Keutamaan Sholat Dhuha Berdasarkan Dalil Hadist

Posted on

doa sholat dhuha

Doa Sholat Dhuha Dan Keutamaan Sholat Dhuha Berdasarkan Dalil HadistShalat dhuha merupakan salah satu bentuk dari begitu banyaknya sholat sunnah yang Allah ajarkan kepada para hambaNya melalui nabi Muhammad.Dan shalat Sunnah yang satu ini memiliki keunikan tersendiri disbanding dengan shalah Sunnah lainnya ,salah satunya waktu pelaksanaan nya hanya bisa dikerjakan setelah terbitnya matahari, dan berakhir sebelum masuknya waktu dhuhur.

Shalat dhuha memiliki keunggulan luar biasa sama dengan shalat Sunnah lain nya untuk siapapun yang mau mengerjakannya dengan ikhlas dan istiqomah ,oleh karenanya seorang pengamal mendapatkan keberkahan yang diluar nalar.maka dari itu sholat dhuha sangat d anjurkan untuk diamalkan

Terdapat beberapa hadist yang menerangkan tentang keutamaan shalat dhuha ,satu diantaranya adalah : Dari Abu Dzar radhiallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى رواه مسلم، رقم 1181

Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim, no. 1181)

Waktu pelaksanaan Sholat Dhuha

Shalat dhuha dilaksanakan setiap harinya mulai  sejak terbitnya matahari sampai sebelum masuknya waktu dhuhur. Tetapi akan lebih utama dikerjakan saat matahari sudah mulai naik, kira-kira sekitar pukul 08.00 WIB. Dikatakan oleh beberapa ulama’ bahwa diwaktu dhuha semua doa di ijabah oleh Allah.

Doa sholat Dhuha

setelah sholat dhuha selesai dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa, berikut doa sholat dhuha:

Baca juga   Doa Walimatus Safar Haji Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.

Artinya:  “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Keutamaan Sholat Dhuha

Shalat dhuha banyak memotivasi kita untuk melakukannya karena memiliki banyak keutamaan,diantara keutamaan shalat dhuha adalah :

Pahalanya seperti bersedekah

Mendirikan shalat dhuha memiliki nilai sama halnya dengan bersedekah Sebagaimana hadist Rasulullah saw, yang berbunyi :“Disetiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah ) adalah sedekah,s etiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu”

Dibuatkan pintu khusus di surga

Seorang hamba yang konsisten dengan mengerjakan sholat dhuha. Yaitu, dibuatkannya pintu Dhuhakarena memiliki kedudukan yang sangat tinggi dimata Allah

Baca juga   Doa Lengkap Sesudah Sholat Yang Mustajabah Dan Singkat Berbahasa Arab Beserta Artinya

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamankan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil ‘mana ia yang melazimkan sholat dhuha? Inilah pintu kalian, maka masukilah dengan kasing sayang Allah” (HR Thabrani)

Termasuk Orang yang Taat Kepada Allah

“Barangsiapa yang sholat dhuha 2 rokaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak 4 rokaat, maka dia diselamatkan dari hari itu. Barangsiapa mengerjakannya 8 rokaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rokaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya. (HR. At-Thabrani(

Allah Menyediakan Begitu Banyak Pahala

Manfaat lain yang juga akan kita dapatkan ketika beriistiqomah mengerjakan sholah dhuha adalah ribuan pahala yang siap menyambut kita,asal di niatkanlah ibadah sholat dhuha ini sebagai sarana kita untuk lebih dekat kepadaNya.

Menggugurkan dosa

Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah shalat dhuha. Berikut hadist yang memperkuat hal ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

Tercukupi kebutuhan Rizqinya

Janji Allah tersebut dapat ditemukan dalam sebuah hadist qudsi. Rasulullah saw. Yang bunyinya : “Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu”

semoga dengan ulasan diatas tentang doa sholat dhuha dan keutamaan sholat dhuha bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *