Doa Setelah Adzan Dan Kalimat Menjawab Adzan Saat Dikumandangkan Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa setelah adzan

Doa Setelah Adzan Dan Kalimat Menjawab Adzan Saat Dikumandangkan Lengkap Arab Beserta Artinya – Adzan adalah Syiar yang paling agung yang merupakan panggilan untuk kita selaku umat muslim untuk menunaikan sholat sebagai tanda pemberitahuan telah masuk waktu sholat dengan menyebutkan lafadz adzan, Adzan dikumandangkan oleh seorang muadzin. Sebagai yang mendengarkan adzan, ada adab yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Islam mengajarkan ummatnya ketika adzan sedang berkumandang maka diamlah kemudian mendengarkan lalu menjawabnya karena jikalau kita tidak mendengarkannya ataupun menjawabnya itu akan menjadi faktor lunturnya keimanan kita.

Diriwayatkan sebuah hadist:

“Hendaklah kamu mendiamkan diri ketika azan, jika tidak Allah akan kelukan lidahnya ketika maut menghampirinya.”

Disunnahkan menjawab azan dan membaca shalawat sebelum membaca do’a di atas, berdasarkan hadits berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ : إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَة فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَة حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

“Dari Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu’anhuma bahwasannya beliau pernah mendengar Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: Jika kalian mendengarkan azan maka ucapkanlah seperti yang diucapkan mu’adzin, kemudian bershalawatlah atasku, karena sesungguhnya barangsiapa yang bershalawat atasku satu kali maka Allah ta’ala akan bershalawat atasnya sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah untukku kepada Allah, karena sesungguhnya wasilah itu adalah satu kedudukan (yang tinggi) di surga, yang tidak patut diberikan kecuali kepada seorang hamba Allah, dan aku berharap akulah hamba tersebut. Barangsiapa yang memohon wasilah untukku maka ia berhak mendapatkan syafa’atku.” [HR. Muslim]

Baca juga   Doa Masuk Dan Keluar Masjid Lengkap Arab Dan Artinya

Hukum menjawab adzan adalah sunah muakad bahkan Rasulullah SAW pernah menjanjikan keutamaan mendengarkan dan menjawab seruan adzan. Dalam sebuah hadits beliau mengatakan:

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ الْمُؤَذِّنَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا غُفِرَ لَهُ ذَنْبُهُ

dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Barangsiapa membaca ketika mendengar muadzdzin, ‘Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan RasulNya, saya ridha Allah sebagai Rabb, dan Muhammad sebagai rasul, serta Islam sebagai agama, ‘ niscaya dosanya akan diampuni.”

Ketika adzan selesai kita danjurkan membaca doa dengan membaca do’a setelah adzan Anda akan mendapatkan kebaikan, bahkan ada riwayat yang mengatakan bahwa membaca do’a setelah adzan akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Dan jika Doa setelah adzan tersebut  selalu diamalkan bisa mendapatkan keutamaan berupa syafa’at dari Nabi.

Doa Setelah Adzan Dan Lafazd Menjawab Adzan

Doa Setelah Adzan

 

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.

Baca juga   Doa Setelah Dhuha Dan Dzikirnya Lengkap Arab Beserta Artinya

Artinya :

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

Lafadz Menjawab Adzan :

seperti apa yang diucapkan muadzdzin kecuali pada kalimat “hayya ‘alash shalaah” dan “hayya ‘alal falaah” maka mengucapkan: لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. (HR. Al-Bukhariy 1/152 dan Muslim 1/288)

اللهُ اَكْبَرُ،اَللهُ اَكْبَرُ

(اللهُ اَكْبَرُ،اَللهُ اَكْبَرُ)

(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ

(أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ)

(٢x)اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ)

(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ

(لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ)

(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ

(لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ)

(١x) اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

(اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَر)

(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

(لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ)

Khusus untuk adzan shalat subuh, setelah membaca lafadz “Hayya ‘Alal Falaah”, mu’azin kemudian membaca lafadz dibawah ini (dan yang mendengar menjawab lafadz berikut ini) :

الصلاة خير من النوم

(صدقت وبررت وانا على ذلك من الشاهدين )

Sudah kita ketahui bersama bahwasan nya sangat banyak keutamaan menjawab adzan dan berdoa setelah adzan,jangan lupa di amalkan,Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *