Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al-Qur’an Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa sesudaah membaca al-quran

Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al-Qur’an Lengkap Arab Beserta Artinya – Al quran adalah wahyu yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai pedoman serta petunjuk bagi seluruh umat muslim, baik umat yang taat melaksanakan perintah Allah maupun yang  menentang dan mengingkari ajaran Nya, al qur’an merupakan sumber ajaran islam Adapun ajarannya meliputi persoalan kemanusiaan secara umum seperti hukum,ibadah,ekonomi,politik,social,budaya,pendidikan,ilmu pengethuan dan seni.dan dan penyempurna terhadap kitab-kitab Allah yang sebelumnya.

Allah ta’ala berfirman :

وَ لَوۡ جَعَلۡنٰہُ قُرۡاٰنًا اَعۡجَمِیًّا لَّقَالُوۡا لَوۡ لَا فُصِّلَتۡ اٰیٰتُہٗ ؕ ءَؔاَعۡجَمِیٌّ وَّ عَرَبِیٌّ ؕ قُلۡ ہُوَ لِلَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا ہُدًی وَّ شِفَآءٌ ؕ وَ الَّذِیۡنَ لَا یُؤۡمِنُوۡنَ فِیۡۤ اٰذَانِہِمۡ وَقۡرٌ وَّ ہُوَ عَلَیۡہِمۡ عَمًی ؕ اُولٰٓئِکَ یُنَادَوۡنَ مِنۡ مَّکَانٍۭ بَعِیۡدٍ

Artinya : Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan:
“Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?”
Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab?
Katakanlah:
“Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin.
Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka.
Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh”.

Karena Al Quran merupakat kitab suci yang mulia dan agung ketika hendak membacanya atau memegang kita harus dalam keadaan suci ,baik suci dari hadas besar maupun hadas kecil .

إنه لقرآن كريم في كتاب مكنون لا يمسّه إلا المطهرون تنزيل من رب العالمين

Baca juga   Doa Panjang Umur Diberi Kesehatan,Mudah Rizqi Dan Khusnul Khotimah Lengkap Arab Beserta Artinya

Artinya: Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. Diturunkan dari Rabbil ‘alamiin.

Sebagai umat muslim kita d anjurkan memperbanyak membaca alqur’an, membaca alqur’an merupakan ibadah walau hanya membaca satu ayat yang pendek,  karena membaca Al-Quran satu hurufnya diganjar dengan satu kebaikan dan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan. Membacanya paham maupun tidak paham, maka tetap akan mendapat pahala sebagaimana yang dijanjikan.

Dalam hadist di riwayatkan :

عَنْ عَبْدُ اللّٰهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِىَ الله عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللّٰهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌع

Artinya:

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )

Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Quran

Di anjurkan berdoa terlebih dahulu ketika akan mulai membaca Al-Qur’an dan setelah membaca Al-Qur’an, berikut adalah doa sebelum dan sesudah membaca Al-Quran:

Doa Sebelum Membaca Al-Quran

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ


Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya :

“Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Baca juga   Doa Shalat Istikharah Dan Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap Arab Beserta Artinya

Kemudian jika kita selesai membaca Al-Qur’an dianjurkan untuk mengucapkan Shadaqallahul ‘azhim lalu membaca doa setelah membaca Al-Qur’an dibawah ini.

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya :

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Jika kamu menjadikan alquran sebagai panduan, maka kamu tidak akan pernah kehilangan arah,Semangat Membaca Al-Quran semua nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *