Doa Penutupan Majlis Atau Kafaarotul Majlis Lengkap Arab Dan Artinya

Posted on

doa penutupan majelis

Doa Penutupan Majlis Atau Kafaarotul Majlis Lengkap Arab Dan Artinya – Kata majelis sudah tidak asing bagi telinga kita semua ,akan tetapi yang di maksud majelis disini adalah sekumpulan orang – orang dalam suatu acara dimana mereka membicarakan sesuatu di dalam nya seperti acara keagamaan,majelis pendidikan agama,majelis silatur rohmi ,dan majelis – majelis yang bermanfaat bagi agama.

Begitu kita mengawali acara tidak lepas dari ucapan salam, kemudian ucapan bismillaah, dan ungkapan puja dan puji syukur kepada Allah SWT kita sering mnyebutnya dengan pembukaan. Dan ketika acara sudah selesai dan akan di akhiri kita tidak boleh meninggalkan acara begitu saja.

Di akhir majelis biasanya pembawa acara akan menutupnya dengan permohonan kata maaf dan kemudian akan membaca doa penutup / kafaarotul majelis, terlebih dahulu sebelum diakhiri dengan ucapan salam.karena doa kafaarotul masjid diyakini bisa menghapuskan kesalahan yang dilakukan selama berada dalam majelis, dan tidak terjaganya adab-adab majelis lainnya.

Disebutkan dalam hadits,

عَنْ أَبِى بَرْزَةَ الأَسْلَمِىِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ بِأَخَرَةٍ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ مِنَ الْمَجْلِسِ « سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ ». فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ لَتَقُولُ قَوْلاً مَا كُنْتَ تَقُولُهُ فِيمَا مَضَى. قَالَ « كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُونُ فِى الْمَجْلِسِ »

Dari Abu Barzah Al-Aslami, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di akhir majelis jika beliau hendak berdiri meninggalkan majelis, “Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik (artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau dan aku meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Baca juga   Doa Puasa Syaban , Apa Sih Hikmah Puasa Sunnah Dibulan Syaban ?

Di anjurkan di akhir majelis menutupnya dengan doa kafaarotul majelis supaya apa yang d sampaikan bisa lebih bermanfaat , Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَامِنْ قَوْمٍ يَقُوْمُوْنَ مِنْ مَجْلِسٍ لاَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ فِيْهِ إِلاَّ قَامُوْا عَنْ مِثْلِ جِيْفَةِ حِمَارٍ وَكَانَ لَهُمْ حَسْرَةً

Setiap kaum yang bangkit dari majelis yang tidak ada dzikir pada Allah, maka selesainya majelis itu seperti bangkai keledai dan hanya menjadi penyesalan pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud, no. 4855; Ahmad, 2: 389. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Bacaan Doa Penutupan Majlis / Kafaarotul Majlis

Bacaan doa kafaarotul majlis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“SUBHAANAKALLAAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAIKA”

Artinya :

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih).

Setelah membaca doa kafaaruotul majelis di sempurnakan dengan membaca surat (QS Ash-Shaaffaat : 180-182)

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Baca juga   Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Lengkap dan Ringkas

“Subhaana Rabbika Rabbil ‘Izzati ‘ammaa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliin, walhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin”

Artinya :

“Maha Suci Tuhanmu Yang Maha Mulia dari apa yang mereka shifatkan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam”.

عن يونس  قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من سره أن يكتال بالمكيال الأوفى من الأجر يوم القيامة فليقل آخر مجلسه حين يريد أن يقوم سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين ثم والحمد لله رب العالمين 

berdasarkan riwayat dari Yunus ,Rashulallah bersabda :  barang siapa yang ingin diberikan timbangan nya dengan timbangan yang penuh dengan pahala pada hari kiamat maka hendaklah di akhir majlisnya ia mengucapkan : “Subhaana Rabbika Rabbil ‘Izzati ‘ammaa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliin, walhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin”.

Dengan mengamalkan doa penutupan majlis di atas ,semoga selalu di rahmati oleh Allah dan ilmu yang kita dapat barokah dan manfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *