Doa Pemimpin Adil Untuk Negara Yang Adil Damai Dan Sejahtera

Posted on

doa pemimpin adil

Doa Pemimpin Adil Untuk Negara Yang Adil Damai Dan SejahteraSebagai warga negara yang normal semua pasti menginginkan kebaikan pada pemimpinnya seperti pemimpin yang adil,bijak sana,memberikan hak masyarakat dll. agar negerinya makmur dan sejahtera. Oleh karena itu kita harus cermat menentukan pilihan kita,karena pemimpin adalah komponen terpenting dalam kehidupan masyarakat, tanpa adanya pemimpin semua orang akan bertindak semaunya saja.

Agama islam sangat memperhatikan peran pemimpin,bahkan doa untuk kebaikan seorang pemimpis sudah selayaknya kita tujukan kepada pemimpin,ketika kita memiliki pemimpin yang baik maka akan mebawa dampak yang baik pula untuk masyarakat. Seorang pemimpin tidak cukup baik saja,selain baik seorang pemimpin juga harus memiliki agama yang kuat.

Seorang pemimpin yang mempunyai dasar agama yang kuat ,besar kemungkinan akan terwujudnya negara yang maju, berdaulat , serta mandiri dan berkepribadian, untuk mewujudkan masyarakat yang adil, damai dan sejahtera.

Pentingnya Mendoakan Kebaikan Pemimpin

Seorang Ulama Fudhail bin ‘Iyadh berkata,

لو أن لي دعوة مستجابة ما صيرتها إلا في الإمام قيل له: وكيف ذلك يا أبا علي؟ قال: متى ما صيرتها في نفسي لم تجزني ومتى صيرتها في الإمام فصلاح الإمام صلاح العباد والبلاد

Baca juga   Doa Sholat Dhuha Dan Keutamaan Sholat Dhuha Berdasarkan Dalil Hadist

 “Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, maka akan aku tujukan doa tersebut kepada pemimpin.”

Ada yang bertanya pada Fudhail, “Mengapa bisa demikian?” Ia menjawab, “Jika aku tujukan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Namun jika aku tujukan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.”

Bacaan Doa Pemimpin Adil

Berikut bacaan doa kebaikan untuk pemimpin yang adil :

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

(Allahumma inni a’udzubika min imratisshibyan was sufaha’)

“Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

(Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa)

“Yaa Allah -dikarenakan dosa-dosa kami- janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

Baca juga   Doa Makan Sahur Dan Waktu Sebaik-baiknya Sahur Ala Rashululloh SAW

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Demikian uraian tentang doa pemimpin adil,pemimpin yang adil merupakan wasilah atau jalannya suatu negara yang adil,damai dan sejahtera.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *