Doa Panjang Umur Diberi Kesehatan,Mudah Rizqi Dan Khusnul Khotimah Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa panjang umur

Doa Panjang Umur Diberi Kesehatan,Mudah Rizqi Dan Khusnul Khotimah Lengkap Arab Beserta Artinya – Sebagai manusia yang hidup di dunia tentu ingin memiliki umur yang panjang, umur yang berkah, umur yang membawa kebaikan, dan bermanfaat baik didunia maupun diakhirat, maka sudah seharusnya kita semua berdoa memohon kepada Allah agar panjang umur dan di kasih kesehatan. Dengan umur yang panjang, kita bisa menikmati hidup untuk menebar kemanfaatan.

Berdoa meminta panjang umur adalah suatu hal yang di bolehkan ,namun sudah kita ketahui bahwa umur manusia Allah lah yang menentukan. Kita hanya bisa berharap di kasih umur yang panjang oleh Allah.

Seorang muslim tidak boleh menyianyiakan umurnya tanpa diiringi ketaatan kepada Allah Swt,seharusnya dengan sisa umur yang kita miliki kita harus rajin beribadah dan beramal soleh sebagai bekal di dunia dan di akhirat nanti.

Sedangkan dalil bolehnya meminta panjang umur (asalkan dimanfaatkan dalam kebaikan) adalah hadits dari ‘Abdurrahman bin Abi Bakroh, dari ayahnya Abu Bakroh bahwa ada seseorang yang bertanya pada Rasulullah,

“يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ ” مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ »

“Wahai Rasulullah, manusia mana yang dikatakan baik?” Beliau menjawab, “Yang panjang umurnya namun baik amalnya.” “Lalu manusia mana yang dikatakan jelek?”, tanya laki-laki tadi. Beliau menjawab, “Yang panjang umurnya namun jelek amalnya.” (HR. Tirmidzi no. 2330, beliau katakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani berkata bahwa hadits ini shahih lighoirihi). Yang dimaksud dengan “baik amalnya” adalah apabila amalan tersebut ikhlas dan ittiba’ (mengikuti petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).

Baca juga   Doa Sapu Jagad Dan Keistimewaan Nya Lengkap Arab Artinya

Kumpulan Doa Panjang Umur

Berikut adalah kumpulan doa panjang umur :

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Latinnya : Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun.

Artinya : Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan, dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala keinginan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Latinnya : Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya : Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku, serta berkahilah karunia yang Engkau berikan. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

Baca juga   Bacaan Doa Kamilin Atau Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab Dan Artinya

اللهمّ إنا نسألك طول العمر بالطاعة واختم لنا بالأعمال الصالحة

Latinnya : Alloohumma, innaa nas-aluka thuulal ‘umuri, bith thaa ‘ati, wakhtimlanaa bil a’maalish shaalihati. Artinya : Ya Alloh, kami mohon kepada-Mu umur yang panjang, umur yang selalu digunakan untuk taat kepada-Mu, dan akhirilah umur kami dengan perbuatan yang baik.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Latinnya : Allahumma innaa nas’aluka salaamatan fid-diini wa ‘aaffiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir-rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indl mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Artinya :Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Untuk sisa hidup kita supaya lebih berkah jangan lupa selalu iringi perbuatan baik dengan niat yang baik,dan tidak lupa tentunya selalu berdoa di berikan panjang umur ,kesehatan ,mudah rizqi dan khusnul khotimah.Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *