Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Yang Benar Lengkap Beserta Penjelasannya

Posted on

doa niat puasa ramadhan sebulan

Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Yang Benar Lengkap Beserta PenjelasannyaMenurut madzhab Syafii niat puasa harus dilakukan pada saat malam hari, yaitu antara waktu maghrib sampai waktu shubuh, serta harus dilakukan pada tiap-tiap malam. Perlu diketahui kita benar-benar harus niat puasa Ramadhan yang benar agar puasa kita sah dan diterima sehingga tidak ada tanggungan qadha’.Dalam hal ini rashulullah bersbda :

مَنْ لَمْ يُجْمِعْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلا صِيَامَ لَهُ  (رواه الترمذي، رقم 730، ولفظ النسائي، رقم 2334) مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ مِنْ اللَّيْلِ فَلا صِيَامَ لَهُ (صححه الألباني في صحيح الترمذي، رقم 583)

Artinya: “Barangsiapa belum niat untuk melakukan puasa sebelum fajar, maka dia tidak mendapatkan puasa.” (HR. Tirmizi, no. 730, sedangkan redaksi dalam riwayat Nasa’i, no. 2334) “Barangsiapa yang belum berniat puasa di malam hari, maka dia tidak mendapatkan puasa.” (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab shahih Tirmizi, no. 583)

Dan perlu kita ketahui bahwasanya menurut pendapat madzhab Syafii,  puasa Romadlon per satu hari dianggap sebagai suatu ibadah tersendiri.  Sehingga puasa untuk hari esoknya membutuhkan niat lagi.

Ketika suatu malam  kita lupa tidak niat puasa, maka pagi nya kita tetep wajib imsak atau menahan diri dari  hal-hal yang bisa membatalkan puasa,  tetapi kita juga wajib mengqodlo’ puasanya. Karena puasanya dianggap tidak sah. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini para ulama’ mensunatkan bagi kita untuk niat puasa  1 bulan penuh di awal Romadlon, disamping  itu kita juga niat pada setiap malamnya. Tujuan nya berjaga-jaga agar puasa tetap sah ketika suatu malam kita lupa niat, maka puasa kita tetap sah menurut madzhab imam malik, karena menurut beliau niat puasa Romadlon  itu tidak harus tiap hari.  Boleh satu kali di awal Romadlon  saja.

Baca juga   Bacaan Rukuk Dalam Shalat Dan Tata Cara Rukuk Yang Benar Lengkap Arab Artinya

Boleh niat diawal Ramadhan dengan syarat berniyat taflid (mengikuti) pada imam malik, dan adanya cara tersebut bukan berarti membuat kita tidak perlu lagi niat di setiap harinya,tetapi cukup sebagai jalan keluar ketika kita memang benar-benar lupa.

Dalam kitab syarah qolyubi juz 2 halaman 83 diterangkan:

ويندب ان ينوي اول ليلة صوم شهر رمضان او صوم رمضان كله لينفعه تقليد الامام مالك في يوم نسي النية فيه مثلا لانها عنده تكفي لجميع الشهر

Kalau tidak seperti itu,  kita juga bisa berpindah madzhab dengan taqlid (mengikuti) madzhab imam hanafi yg mana menurut beliau niat puasa bisa dilakukan di siang hari, meskipun itu puasa wajib seperti puasa Romadlon.

Syaratnya taqlid madzhab lain itu gak boleh talfiq artinya mencampur aduk pendapat sana sini.  Jadi kita harus tau syarat rukunnya menurut versi madzhab hanafi.  Sementara kita dari kecil belajar nya madzhab syafii,  Contoh kita wudlu pakai madzhab syafii , mengusap kepala nya cuma sebagian aja. Menurut syafii sah aja.  Tapi mnrut madzhab maliki gak sah, Trus tiba2 kita pindah madzhab maliki biar kita gak batal wudlunya saat tersentuh wanita lain. Nah ini tidak boleh karena mencampur aduk antara madzhab satu dengan yang lain nya.

Baca juga   Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Bacaan Niat Puasa Sebulan

Berikut lafadz niat puasa Ramadhan sebulan penuh,

نويت صوم جميع شهر رمضان هذه السنة تقليدا للإمام مالك فرضا لله تعالى

Nawaitu shouma jamii’i syahri romadhoona haadzihis-sanati taqliidan li imaami malik fardol lillahi ta’aalaa

Artinya : saya niat puasa sebulan penuh ramadhan pada tahun ini mengikuti imam malik fadhu karena Allah ta’ala

Sekian penjelasan tentang niat puasa sebulan penuh yang benar,semoga tulisan diatas bermanfaat bagi kita semua Amin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *