Doa Nabi Daud Menghadapi Jalut Ketika Perang Beserta Penjelasannya

Posted on

doa nabi daud menghadapi jalut

Doa Nabi Daud Menghadapi Jalut Ketika Perang Beserta PenjelasannyaKisah Thalut dan Jalut merupakan salah satu kisah yang diceritakan dalam al-qur’an, setelah masa kepimimpinan nabi musa. Thalut diamanahi menjadi raja untuk memimpin bani israil untuk melawan jalut beserta tentaranya, namun orang israil berkhianat mereka berpaling dan melanggar sumpah mereka sendiri,karena mereka menganggap thalut tidak pantas memimpin mereka sebab thalut bukan dariketurunan yang terhormat.

Setelah kejadian itu thalut kembali menyiapkan tentara nya yang tidak berpaling dari kewajiban jihad dan tidak merusak janjinya kepada Nabi mereka sejak awal perjalanannya. Kemudian thalut berpidato di depan para tentaranya yang isinya :

“Hai rakyatku sekalian, dalam ketentaraan yang telah aku susun ini,tidak boleh ikut serta menjadi anggotanya bagi orang-orang yang masih ragu-ragu dan tidak penuh semangatnya, orang-orang yang telah meminang seorang perempuan tapi belum menikah dengan perempuan tersebut, atau orang-orang yang mempunyaidagangan, sedang hatinya masih selalu kepada dagangannya itu!”

Dan setelah semua syarat terpenuhi terbentuklah tentara perang yang siap tempur memerangi jalut dan tentaranya yang jumlahnya kurang lebih 80.000 pasukan. Dan setelah itu mereka berperang. Para muwahhid meraih kemenangan sementara orang-orang kafir melarikan diri.

Allah Ta’ala berfirman :

{وَلَمَّا بَرَزُوا لِجَالُوتَ وَجُنُودِهِ قَالُوا رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (250) فَهَزَمُوهُمْ بِإِذْنِ اللَّهِ وَقَتَلَ دَاوُدُ جَالُوتَ وَآتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهُ مِمَّا يَشَاءُ وَلَوْلا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَفَسَدَتِ الأرْضُ وَلَكِنَّ اللَّهَ ذُو فَضْلٍ عَلَى الْعَالَمِينَ (251) تِلْكَ آيَاتُ اللَّهِ نَتْلُوهَا عَلَيْكَ بِالْحَقِّ وَإِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ (252) }

Baca juga   Doa Sesudah Sholat Lengkap Arab Latin Beserta Artinya Dan Biasa Diamalkan Oleh Kalangan Umum

Tatkala Jalut dan tentaranya telah tampak oleh mereka, mereka pun berdoa, “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” Mereka (tentara Talut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Talut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam. Itu adalah ayat-ayat Allah. Kami bacakan kepadamu dengan hak (benar) dan sesungguhnya kamu benar-benar salah seorang di antara nabi-nabi yang diutus.

Dalam tafsir dijelaskan

{فَهَزَمُوهُمْ بِإِذْنِ اللَّهِ}

Mereka (tentara Talut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah. (Al-Baqarah: 251)

Maksudnya, mereka dapat mengalahkan dan menaklukkan musuhnya berkat pertolongan Allah yang diturunkan kepada mereka.

{وَقَتَلَ دَاوُدُ جَالُوتَ}

dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut. (Al-Baqarah: 251)

Disebutkan di dalam kisah israiliyat bahwa Daud membunuh Jalut dengan katapel yang ada di tangannya; ia membidiknya dengan katapel itu dan mengenainya hingga Jalut terbunuh. Sebelum itu Talut menjanjikan kepada Daud, bahwa jika Daud dapat membunuh Jalut, maka ia akan menikahkan Daud dengan anak perempuannya dan membagi-bagi kesenangan bersamanya serta berserikat dengannya dalam semua urusan. Maka Talut menunaikan janjinya itu kepada Daud. Setelah itu pemerintahan pindah ke tangan Daud a.s. di samping kenabian yang dianugerahkan Allah kepadanya. Karena itulah disebutkan di dalam firman-Nya:

Baca juga   Dzikir Setelah Sholat Lengkap Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

{وَآتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ}

kemudian Allah memberikan kepadanya pemerintahan. (Al-Baqarah: 251)

Yakni yang tadi dipegang oleh Talut, kini beralih ke tangan Daud a.s.

{وَالْحِكْمَةَ}

dan hikmah. (Al-Baqarah: 251)

Yang dimaksud dengan hikmah ialah kenabian, sesudah Syamuel.

{وَعَلَّمَهُ مِمَّا يَشَاءُ}

dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. (Al-Baqarah: 251)

Doa Nabi Daud

Ketika tentara yang beriman yang berjumlah sedikit di bawah pimpinan Talut berhadap-hadapan dengan bala tentara Jalut yang berjumlah sangat besar itu, maka bala tentara Talut berdoa:

رَبَّنا أَفْرِغْ عَلَيْنا صَبْراً وَثَبِّتْ أَقْدامَنا وَانْصُرْنا عَلَى الْقَومِ الكافِرينَ

“Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

Demikian penjelasan tentang doa nabi daud menghadapi jalut,doa ini bisa kita gunakan ketika kita sedang berhadapan dengan musuh agar mendapat pertolongan dari Allah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *