Doa Menghadapi Ujian Agar Selalu Tegar Dan Sabar Dalam Menghadapinya Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa sabar menghadapi ujian

Doa Menghadapi Ujian Agar Selalu Tegar Dan Sabar Dalam Menghadapinya Lengkap Arab Beserta Artinya – Hidup di dunia ini tidak bisa terlepas dari yang namanya ujian atau cobaan, Allah akan menguji kesabaran hambanya dalam menghadapi cobaan yang Allah berikan kepada kita. Dan tidak semua orang bisa menghadapinya dengan tenang dan sabar ,kita sering kali merasakan hati yang gelisah dan galau ketika menghadapi sebuah ujian atau masalah.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya : Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Ujian identik dengan Sabar ,maka dari itu Sabar harus kita terapkan dalam setiap aspek kehidupan kita,salah satunya Sabar terhadap apa yang telah ditakdirkan Allah SWT. Semakin kuat iman seseorang, maka ujian yang akan diberikan oleh Allâh akan semakin besar .

Rasûlullâh SAW pernah ditanya oleh Sa’d bin Abî Waqqâsh RA :

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ أَشَدُّ بَلاَءً قَالَ الأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ فَيُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَإِنْ كَانَ دِينُهُ صُلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِى دِينِهِ رِقَّةٌ ابْتُلِىَ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ

“Ya Rasûlullâh! Siapakah yang paling berat ujiannya?” Beliau menjawab, “Para Nabi kemudian orang-orang yang semisalnya, kemudian orang yang semisalnya. Seseorang akan diuji sesuai kadar (kekuatan) agamanya. Jika agamanya kuat, maka ujiannya akan bertambah berat. Jika agamanya lemah maka akan diuji sesuai kadar kekuatan agamanya” .

Baca juga   Bacaan Niat Shalat Hajat Dan Doa Setelah Shalat Hajat Lengkap Arab Artinya

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلَاءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

Sesungguhnya besarnya pahala tergantung dengan besarnya ujian. Sesungguhnya, apabila Allâh mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. Siapa yang ridha dengan ujian itu, maka ia akan mendapat keridhaan-Nya. Siapa yang membencinya maka ia akan mendapatkan kemurkaan-Nya.

Jangan pernah sedih ketika kita d uji oleh Allah,tetap berprasangka baik dan tetap bersabar  bahwa cobaan atau ujian dapat meninggikan derajat seorang muslim di sisi Allah dan Allah tidak akan mmberikan ujian atau cobaan diluar batas kemampuan kita.

Untuk itu bersabarlah  dalam menghadapi segala bentuk cobaan. Selain berusaha untuk bersabar, kita juga perlu berdoa agar Allah senantiasa memberikan kesabaran kedalam diri kita, dengan doa kita bisa Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT,dan Menjauhi Rasa Putus Asa.

Kumpulan Doa – Doa Menghadapi Ujian Hidup

Berikut adalah kumpulan doa agar senantiasa diberikan kesabaran dalam menghadapi segala macam cobaan:

اللهمّ اجْعَلْنِي شَكُوراً ، وَاجْعَلْنِي صَبُوراً ، وَاجْعَلْنِي فِي عَيْنِي صَغِيراً ، وَفِي أَعْيُنِ النَّاسِ كَبِيراً

(Allahummaj-‘alnii syakuuran, waj-‘alnii shabuuran, waj-‘alnii fii ‘ainii shaghii-ran, wafii a’yunin-naasi kabiiran)

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah aku orang yang pandai bersyukur kepada-Mu, sabar menerima cobaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah aku kecil dalam pandanganku sendiri, tetapi besar dalam pandangan orang lain.”

Baca juga   Doa Berbuka Puasa Lengkap Berbahasa Arab Beserta Artinya

اللَّهُمَّ اجعلني شكورا ، واجعلني صبورا ، واجعلني في عيني صغيرا وفي أعين الناس كبيرا

“Allahummaj-‘alnii syakuuran, waj-‘alnii shabuuran, waj-‘alnii fii ‘ainii shaghii-ran, wafii a’yunin-naasi kabiiran”.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang yang pandai bersyukur kepada-Mu, sabar menerima cobaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah aku kecil dalam pandanganku sendiri, tetapi besar dalam pandangan orang lain.”

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Robbana Afrighalainaa Shobron, wa Tsabbit Aqdaamanaa, wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin.”

Artinya: “Ya Tuhan, limpahkan kesabaran pada hati dan diri kami, teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami dari orang-orang kafir.”

‎اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

“Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubana ‘ala tho’atik.”

Artinya: Ya Allah yang memalingkan (membolak-balikkan) hati manusia, palingkanlah hati kami di atas ketaatan kepada-Mu

Jangan bandingkan hidupmu dengan kehidupan orang lai,sebab ujian yang kamu dan dia lewati belum tentu sama.Jangan mudah menyerah bersabarlah dalam menghadapi ujian karena Kita punya Allah Yang Maha segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *