Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi Atau WC Lengkap Arab Artinya

Posted on

doa masuk dan keluar wc

Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi Atau WC Lengkap Arab Artinya – Berdoa sudah tidak asing lagi bagi umat muslim,kita di anjurkan untuk berdoa dalam setiap melakukan perbuatan atau beraktivitas apapun,dengan berdoa kita bisa terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan dari  akan menimpa dan dilancarkan dalam urusannya.,karena kita masih suka lalai bahkan lupa mengawali sesuatu dengan doa,begitu juga ketika kita hendak masuk dan keluar kamar mandi

Kita semua tau kamar madi adalah tempat yang kotor, tempat yang banyak kuman dan sumber penyakit berada di tempat ini ,karena toilet adalah tempat membuang air besar dan membuang air kecil selain itu tolet juga di huni oleh syaitan,maka dari itu hendaknya kita berdoa terleih dahulu sebelom masuk dan keluar kamar mandi .
berdasarkan hadist yang di riwayatkan oleh Anas RA.:

عَنْ أَنَسٍ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ. وَفِي حَدِيْثِ هُشَيْمٍ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا دَخَلَ الْكَنِيْفَ) قَالَ “اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ“.

Hadits riwayat Anas Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Adalah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam ketika masuk toilet (dan dalam hadis Husyaim bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam apabila memasuki jamban) beliau berdoa: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan”.

حَدّثَنَا عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدٍ النّاقِدُ، حَدّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ، حَدّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، حَدّثَتْنِي عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، أَنَّ النّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الغَائِطِ قَالَ: «غُفْرَانَكَ»

Imam Abu Dawud berkata,”Telah menceritakan kepada kami Amr bin Muhammad An-Naqidh, dia (Amr bin Muhammad an-Naqidh) berkata, ‘Telah mengabarkan kepada kami Hasyim bin al-Qasim, dia (Hasyim bin al-Qasim) berkata, ‘Telah menceritakan kepada kami Israil (bin Yunus bin Abi Ishaq) dari Yusuf bin Abu Burdah dari Bapaknya, (Abu Burdah berkata) telah menceritakan kepadaku Aisyah radhiallahuánha, Bahwa Rasulullah Shallallahuálaihi wassalam apabila keluar dari kamar mandi/WC beliau mengucapkan:”GUFRONAKA” (Aku memohon ampunan-Mu).

Baca juga   Doa Setelah Shalat fardhu Mustajab Dan Ringkas Lengkap Arab Beserta Artinya

Berdoa tujuan nya tidak lain adalah meminta perlindungan kepada Allah SWT agar terlindung dari godaan-godaan syaitan laki-laki maupun perempuan selain berdoa kita juga harus memerhatikan kebersihan kamar mandi karena kamar mandi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. kadang orang sering merasa tidak sadar jika Toilet dan kamar mandi yang berfungsi untuk membersihkan badan, justru tidak bersih tempatnya.

Adab Masuk dan Keluar kamar mandi

Masuk dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan

حَدّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ الرَبِيعُ بْنُ نَافِعٍ، حَدّثَنِي عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنِ ابْنِ أَبِي عَرُوبَةَ، عَنْ أَبِي مَعْشَرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: «كَانَتْ يَدُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْيُمْنَى لِطُهُورِهِ وَطَعَامِهِ، وَكَانَتْ يَدُهُ الْيُسْرَى لِخَلاَئِهِ، وَمَا كَانَ مِنْ أَذًى»

Abu Dawud berkata telah mengabarkan kepada kami Abu Taubah ar-Rabi’bin Nafi’, (Dia – Abu Taubah ar-Rabi’bin Nafi’ berkata), ‘Telah mengabarkan kepadaku Isa bin Yunus, dari Abu Arubah dari Abu Ma’syarin (nama kunyah dari Ziyad bin Kulaib), Dari Ibrahim dari Aisyah radhiallahuánha’, dia (Aisyah) berkata: “Tangan kanan Rasulullah Shallallahuálaihi wassalam adalah dipergunakan untuk bersuci dan memakan makanan, sedangkan tangan kirinya digunakan untuk beristinja/cebok dan membersihkan kotoran.”  Hadits Shohih   (HR. HR. Abu Dawud no. 33 dan Ahmad VI/265 no. 26283.)

Tidak membawa sesuatu yang bertuliskan nama Allah.

Hal ini terlarang karena kita diperintahkan untuk mengagungkan nama Allah dan ini sudah diketahui oleh setiap orang secara pasti. Allah Ta’ala berfirman,

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj: 32)

Membaca basmalah dan meminta perlindungan pada Allah (membawa ta’awudz) sebelum masuk

Baca juga   Harus Kita Tau Amalan Yang Tidak Boleh Ditinggalkan, Berdoa Setiap Selesai Sholat Lima Waktu

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,bersabda :

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِى آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

“Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki tempat buang hajat, lalu ia ucapkan “Bismillah”.

Dilarang berbicara secara mutlak kecuali jika darurat.

Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

“Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.”

Mengucapkan do’a “ghufronaka” setelah keluar kamar mandi.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

<<أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَال<< غُفْرَانَكَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu

Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi / WC

Dan berikut adalah bacaan doa saat masuk dan keluar kamar mandi

Doa masuk kamar mandi / WC

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSIt

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan

Doa Keluar Kamar Mandi / WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Itulah doa ketika kita hendak masuk ataupun keluar dari kamar mandi ,biasakan melakukan sesuatu mengawalinya dengan doa ,semoga bermanfaat.

 

2 thoughts on “Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi Atau WC Lengkap Arab Artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *