Doa Keramas Atau Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Arab Dan Arti Beserta Penjelasannya

Posted on

doa keramas

Doa Keramas Atau Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Arab Dan Arti Beserta Penjelasannya-Datangnya bulan ramadhan sudah tidak asing bagi kalangan ummat muslim,bahkan mereka menyabutnya dengan suasana hati yang bahagia dan gembira,dimana bulan yang menjadi peluang besar untuk para ummat muslim berlomba-lomba dalam beribadah dan beramal baik untuk menggapai kemuliaan di akhirat kelaknya,seperti dawuhnya rasulullah saw yang isinya:

من فرح بدخول رمضان حرّم الله جسده على النيران

“Barangsiapa gembira masuknya bulan Ramadhan, maka Allah subhanahu wata’ala mengharamkan jasadnya dari api neraka.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أتاكم رمضان شهر مبارك. فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء، وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغلّ فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر، من حرم خيرها فقد حرم

Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Syaikh Abdullah al-Fauzan mengatakan,

في هذا الحديث بشارة لعباد الله الصالحين بقدوم شهر رمضان المبارك، لأن النبي صلى الله عليه وسلم أخبر الصحابة – رضي الله عنهم – بقدومه، وليس هذا إخباراً مجرداً بل معناه بشارتهم بموسم عظيم، يقدره حقّ قدره الصالحون المشمرون، لأنه بين فيه ما هيأ الله لعباده من أسباب المغفرة والرضوان وهي أسباب كثيرة، فمن فاتته المغفرة في رمضان فهو محروم غاية الحرمان

Baca juga   Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Lain Sedang Bersin Lengkap Arab Beserta Artinya

Dalam hadis ini terdapat kabar gembira bagi para hamba Allah yang sholeh dengan datangnya bulan ramadhan yang diberkahi. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan kepada para sahabat akan kedatangan ramadhan. Dan ini bukan hanya berita semata, namun maknanya adalah kabar gembira bagi mereka dengan adanya masa yang agung, yang selayaknya dimuliakan oleh orang-orang shaleh yang menyisingkan lengan untuk beramal. Karena beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa di bulan ramadhan, Allah telah siapkan banyak kebaikan bagi para hamba-Nya, berupa sebab untuk menggapai ampunan dan ridha-Nya. Sebab ini banyak sekali. Karena itu, siapa yang tidak mendapatkan ampunan di bulan ramadhan, berarti dia telah diharamkan untuk mendapatkan banyak kebaikan.

Tidak ada amalan khusus yang dilakukan pada bulan Ramadhan ,hanya saja banyak kalangan ulama menganjurkan memperbanyak amalan-amalan Sunnah di bulan Ramadhan, karenanya  Setiap muslim berbeda-beda dalam mengekspresikan kegembiraan nya menyambut bulan Ramadhan.

Memasuki bulan Ramadhan kita harus mempersiapkan diri kita baik rohani ataupun jasmani ,untuk masalah rohani kita harus benar-benar  menata hati ,buang jauh-jauh penyakit yang ada pada hati kita seperti dengki,iri dan lain sebagainya dan untuk jasmani biasanya kita melakukan mandi Sunnah atau keramas untuk menyambut bulan Ramadhan .

Baca juga   Kumpulan Doa Setelah Sholat Yang Tidak Boleh Ditinggalkan Lengkap Arab Beserta Artinya

Bacaan Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadhan

Berikut adalah bacaan doa mandi sebelum puasa bulan ramadhan,bisa dilakukan sendiri ataupun bersama-sama dengan teman,sanak saudara atau lainnya:

Do’a Niat Mandi Sunat Awal Ramadhan

ﻧﻮﻳﺖ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻟﺪﺧﻮﻝ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺳﻨﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Nawaitul Ghusla Lidzuu khuli Ramadhona SunataLillaahita’ala

Artinya :

” Aku berniat mandi sunat bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala “.

Do’a Menjumpai Malam Pertama Bulan Ramadhan

ﺭﺑﻰ ﻭﺭﺑﻚ ﺍﻟﻠﻪ ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻫﻠﻪ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﺑﺎﻟﺴﻼﻣﺔ ﻭﺍﻻﺳﻼﻡ ﻭﺍﻻﻣﻦ ﻭﺍﻻﻳﻤﺎﻥ

Rabbi warabbakallahu Hilalu Khoiro warushdzi,Allaahumma Ahlihu ngalaina bissalamati wal islami wal amni wa iimani.

Artinya :

” Tuhanku & Tuhanmu adalah Allah, Ia adalah bulan sabit Kebajikan & Petunjuk. Ya Allah terbitkanlah Ia atas kami dengan kesejahteraan, Islam, aman & iman”

Sekian uraian tentang doa mandi sebelum puasa bulan ramadhan,semoga selalu diberi kesehatan dan umur panjang sehingga bisa bertemu dengan ramadhan-ramadhan selanjutnya.Amiin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *