Doa Makan Sahur Dan Waktu Sebaik-baiknya Sahur Ala Rashululloh SAW

Posted on

doa saat makan sahur

Doa Makan Sahur Dan Waktu Sebaik-baiknya Sahur Ala Rashululloh SAWSahur merupakan aktifitas makan dan minum sebelum menjlankan ibadah puasa seharian penuh, sahur sangat berpengaruh terhadap puasa seseorang dengan sahur orang akan memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai persiapan untuk puasa agar kita cukup kuat menahan lapar dan dahaga saat berpuasa. hal ini menunjukkan bahwa anjuran sahur sesungguhnya dikhususkan bagi orang yang ingin berpuasa.

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

“Barokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 206)

Selain dari itu Orang yang makan sahur mendapatkan shalawat dari Allah dan do’a dari para malaikat-Nya. Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad 3: 44. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi)

Baca juga   Doa Bepergian Yang Mustajab Agar Terhindar Dari Marahabaya Lengkap Arab Dan Artinya

Nawawi rahimahullah mengatakan, “Para ulama berkonsensus (ijma’) anjuran sahur dan bukan wajib. Kalau keberkahan di dalamnya maka sudah jelas nampak karena menguatkan terhadap puasa dan menjadi semangat. Dan menjadi sebab anjuran untuk menambah dalam berpuasa karena sedikitkan kepayahan bagi orang yang sahur. Ini yang benar yang dijadikan sandaran pada maknanya.” dari ‘Syarkh Nawawi ‘Ala Muslim, (7/206).

Bacaan Doa Makan Sahur

Dalam hal ini, ada doa yang bisa dibaca ketika menyantap hidangan sahur. Lafal doanya adalah sebagai berikut ini:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW saat menyantap hidangan sahur. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani. Pada hadits ini, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa kurma adalah sebaik-baik hidangan sahur.

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نعم السحور التمر وقال يرحم الله المتسحرين

Artinya, “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’” (HR At-Thabarani).

Baca juga   Doa Ulang Tahun Dan Hukum Merayakan Nya Lengkap Arab Dan Artinya

Hadits ini dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah], cetakan pertama, juz II, halaman 90.

Waktu Yang baik untuk sahur

Diterangkan dalam sebuah hadist bahwa sahur  sebaik-baiknya di akhir waktu, diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu Rashulullah bersabda sebagai berikut:

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ

Artinya: “Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.”

Jadi makan sahur yang dipepetkan waktunya dengan saat adzan Shubuh itu semakin baik sebab batas akhir waktu sahur adalah saat masuk waktu shalat tersebut .

Dari penjelasan kita tahu bahwa sahur sebaiknya dilakukan pada akhir waktu,dan dari berkah sahur tersebut kita bisa kuat menjalani puasa dan bisa menahan lapar dan dahaga satu hari puasa penuh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *