Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Lain Sedang Bersin Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa bersin

Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Lain Sedang Bersin Lengkap Arab Beserta Artinya-Bersin adalah salah satu nikmat dari Allah keluarnya udara dari dalam hidung dan mulut karena dengan bersin berarti mengeluarkan bibit penyakit. fenomena fisik yang kerap terjadi pada manusia. Tidak hanya ketika sakit, orang sehat pun bisa bersin. Dan ketika Anda bersin, maka di anjurkan untuk membaca doa, sedangkan orang yang mendengar Anda bersin, dianjurkan untuk mendoakan (Anda) yang bersin.

Pada saat kita bersin juga mempunyai etika yang harus kita lakukan pada saat hendak bersin

Hendaknya orang yang bersin untuk merendahkan suaranya dan tidak secara sengaja mengeraskan suara bersinnya. Hal tersebut berdasarkan hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

“Bahwasanya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersin, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” [HR. Ahmad II/439, al-Hakim IV/264, Abu Dawud no. 5029, at-Tirmidzi no. 2746. Lihat Shahih at-Tirmidzi II/355 no. 2205]

Mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung serta mengalihkan pandangan kita dengan membelakangi orang lain (jika keadaan ramai atau banyak orang). hal ini dilakukan agar ingus yang keluar tidak menyebar kemana-mana dan tidak terkana orang lain. alangkah baiknya jika meyediakan tisu atau sapu tangan pada saat bepergian.

Baca juga   Doa Ulang Tahun Dan Hukum Merayakan Nya Lengkap Arab Dan Artinya

Membaca doa. Sebagai seorang muslim pada saat bersin kita anjurkan untuk mengucap syukur kepada Allah Swt dengan berdoa, berikut ini adalah doa ketika sedang bersin dan  doa ketika mendengar orang lain bersin berserta artinya.

– وعنه -اي: ابو هريرة- رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم قال
إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ . وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ اللهُ . فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللهُ . فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

“Jika salah seorang di antara kalian bersin maka ucapkanlah الْحَمْدُ لِلهِ dan (jika ada) saudaranya (yang mendengar) hendaknya mengucapkan kepadanya: يَرْحَمُكَ اللهُ (semoga Allah merahmatimu). (Jika saudaranya mengucapkan doa tersebut maka hendaknya dia balas dengan mendoakannya dengan) mengucapkan يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَ يُصْلِحُ بَالَكُمْ (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).”(HR. Bukhari).

Syaikh Shalih Fauzan hafizhahullahu menerangkan, “Bersin adalah sebuah kenikmatan dari Allah karena dengan bersin, hawa udara yang berada di kepala akan keluar.Maka seorang yang bersin akan merasakan badannya ringan dan segar.Ini adalah suatu kenikmatan. Oleh karenanya disyariatkan untuk mengucapkan “alhamdulillah”.Jika ada orang yang mendengarnya maka dia didoakan dengan mengucapkan, “yarhamukallah”.Kemudian orang yang bersin tersebut hendaknya membalas dengan mengucapkan, “yahdikumullahu wa yushlihu baalakum.”Ini termasuk dari adab bersin.

Jika seseorang bersin dan tidak memuji  Allah maka janganlah kamu ucapkan kepadanya, “Yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu )Ini sebagai hukuman baginya karena tidak memuji Allah,Sebagaimana dia tidak memuji Allah. Maka janganlah engkau katakan kepadanya Yarhamukallah.

Baca juga   Doa Sholat Tasbih Dan Tata Cara Sholat Yang Benar Menurut Sunnah Nabi

Doa Keika Bersin

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillaah

Artinya : Segala Puji Bagi Allah

Doa diatas di baca jika diri sendiri yang bersin, kemudian jika kita mendengar orang lain bersin maka doanya adalah sebagai berikut.

Doa Mendengar Orang Lain Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukalloh

Artinya :Semoga Allah memberi rahmat kepadamu

Lalu jika orang lain mengucapkan doa diatas (“yarhamukalloh”) kemudian kita membalas dengan doa dibawah ini, doa ini merupakan doa kedua atau doa sebagai jawaban kepada orang yang mendoakan kita.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum

Artinya : Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu

Maksud dari doa diatas adalah ketika kita bersin membaca “Alhamdulillah”, kemudian jika kita atau orang lain mendengar bersin membaca ” yarhamukalloh” (mendoakan orang yang bersin), lalu kita membalas/menjawab doa orang tersebut dengan membaca ” yahdikumulloh wa yashilu balakum” (sebagai balasan/jawaban doa untuk orang yang mendoakan kita).

Semoga doa diatas bermanfaat ,dan dengan membaca doa diatas semoga Allah memberikan kesehatan, Amin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *