Doa dan Ucapan Untuk Orang Menikah Secara Islami Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

doa orang menikah

Doa dan Ucapan Untuk Orang Menikah Secara Islami Lengkap Arab Beserta Artinya – Menikah adalah suatu kebahagiaan bagi orang yang melaksanakan ,dua insan di pertemukan dalam ikatan yang halal dan suci untuk membangun bahterai rumah tangga yang di iringi doa restu dari kedua orang tua dari kedua belah pihak agar berkah pernikahan yang di jalani.

Menikah merupakan gharizah insaniyyah (naluri kemanusiaan) ,maka dari Islam mengajarkan ummatnya untuk melaksanakan pernikahan, seperti yang tertulis dalam Alquran berikut ini.

 وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ ٢١

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Rum [30]: 21)

Dan di riwatahkan oleh Baihaqi :

Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya,sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.”(HR. Baihaqi).

Baca juga   Doa Makan Sahur Dan Waktu Sebaik-baiknya Sahur Ala Rashululloh SAW

Mendoakan pengantin juga merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam, dan doa merupakan sebuah harapan dari seseorang . Begitupun ketika kita menghadiri pernikahan kita juga harus membaca doa pernikahan untuk kedua mempelai.

Bacaan Doa Untuk Orang Menikah

Berikut bacaan doa untuk mendoakan kedua mempelai :

doa ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu hurairah,dan doa paling masyhur di kalangan umat muslim

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

 “Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.”

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud).

Doa diatas berisikan doa untuk keberkahan kepada pengantin agar tetap berada pada jalur yang benar dalam keadaan apapun.

Selain itu ada doa-doa lain yang dianjurkan untuk diucapkan setelah menyantap makanan dalam menghadiri penikahan, Doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

“ALLAHUMMAGH-FIR LAHUM WARHAMHUM WA BAARIK LAHUM FIIMAA ROZAQTAHUM”

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad)

Di dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dengan lafadz

Baca juga   Doa Ulang Tahun Dan Hukum Merayakan Nya Lengkap Arab Dan Artinya

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

“ALLAHUMMA BAARIK LAHUM FIIMAA ROZAQTAHUM, WAGHFIR-LAHUM WARHAMHUM”

“Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim)

Atau bisa juga dengan lafadz,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“ALLAHUMMATH-‘IM MAN ATH’AMNII, WASQI MAN SAQOONII”

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku”

Bisa juga dengan lafadz,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

“AFTHORO ‘INDAKUMUS-SHOIMUUNA, WA AKALA THO’AMUKUMUL ABROORU, WA SHOLLAT ‘ALAIKUMUL MALAAIKATA”

“Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendo’akan kalian.”

Nah, itulah macam-macam bacaan doa pernikahan yang kita ucapkan untuk kedua mempelai ,untuk yang sudah menikah semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warohmah dan yang belum menikah di sgerakan oleh Allah, Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *