Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis Arab Dan Lengkap beserta Artinya

Posted on

Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis Arab Dan Lengkap beserta Artinya  –puasa senin kamis adalah puasa Sunnah yang d lakukan pada hari senin dan kamis mlakukan nya hampir sama dengan puasa wajib di bulan Ramadhan dan puasa senin kamis dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang .

Orang yang sering melakukan puasa senin kamis lebih mampu mengendalikan hawa nafsunya ,baik dalam hati maupun pikiran karena cara paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah melakukan puasa dan banyak juga kalangan menilai bahwa puasa senin kamis memberikan manfaat yang sangat besar bagi yang melaksanakan nya.

Berdasarkan hadist bahwasan nya puasa senin kamis juga termasuk Sunnah yang menjadi kebiasaan nabi Muhammad  SAW.

 وعن عائشة رضي الله عنها قالت : ( كان النبي صلى الله عليه وسلم يتحرَّى صوم الاثنين والخميس ) رواه الترمذي (745) والنسائي (2361) وابن ماجه (1739)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:: “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menjaga berpuasa pada hari senin dan kamis.” (HR. at-Tirmidzi [745], Ibn Majah dan Ibn Khuzaimah)

Dan beliau juga menceritakan jawaban nabi Muhammad ketika di tanya alasan nya beliau menjawab:

Baca juga   Doa Buka Puasa Bulan Ramadhan Yang Paling Populer Dikalangan Ummat Muslim

وقد روى أبو داود في سننه: أن نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ، وَسُئِلَ عَنْ ذَلِكَ؟ فَقَالَ: إِنَّ أَعْمَالَ الْعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ

Diriwayatkan Abu Daud dalam sunannya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa puasa setiap senin dan kamis. Ketika beliau ditanya alasannya, beliau bersabda, “Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap senin dan kamis.”

Nabi Muhammad SAW. Juga menceritakan bahwasan nya puasa senin kamis juga bisa menjadikan pengampunan dosa dan pengabulan doa

“تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.”

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.  Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

Baca juga   Doa Setelah Sholat wajib Yang Harus Kita Amalkan Setiap Sholat

ﺛﻼﺙ ﻻ ﺗﺮﺩ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻄﺮ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﺩﻝ ﻭ ﺍﻟﻤﻈﻠﻮﻡ

‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzhalimi.”

Berikut niat puasa Sunnah senin dan kamis beserta doa berbuka puasa nya :

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin/kamis

نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ (الخميس) سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal istnaini (khomis) suunnatallillahi ta’aalaa

Doa berbuka puasa, versi yang sering kita dengar  seperti di bawah ini:

للّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Dengan demikian, mari bersemangat puasa sunnah senin kamis syukur2 di sertai dengan amalan – amalan mulia ,sempurnalah diri keberkahan luar biasa di kedua hari tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *