Doa Bepergian Yang Mustajab Agar Terhindar Dari Marahabaya Lengkap Arab Dan Artinya

Posted on

doa bepergian

Doa Bepergian Yang Mustajab Agar Terhindar Dari Marahabaya Lengkap Arab Dan Artinya-Manusia setiap harinya mempunyai banyak kegiatan, Urusannya pun bermacam-macam mulai dari bekerja, berdagang, mencari ilmu sampai pindah tempat tinggal  entah itu bepergian nya untuk waktu yang lama atau singkat..Dalam sebuah perjalanan baik itu jauh ataupun dekat tentunya kita tidak ingin sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi pada kita .

Kita sebagai umat muslim Selain waspada dan berhati hati juga dianjurkan berdoa terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan baik itu menggunakan kendaraan ataupun jalan kali supaya kita diberi keselamatan sampai ke tempat tujuan.karena tanpa kita sadari terkadang lupa untuk membaca doa ketika hendak bepergian.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyaknya kendaraan berlalu lalang disebabkan oleh banyaknya kendaraan dan tidak berimbangnya sarana jalan yang memadai. Dan ahirnya perjalanan selalu mengandung resiko, baik perjalanan jauh atau dekat.

Doa sendiri memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Keutamaan tersebut di antaranya adalah seperti Hadits yang telah diriwayatkan Ahmad.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ يُعَجِّلَ لَهُ دَعْوَتَهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا

Artinya: “Tidak ada seorang Muslim yang berdoa dengan tidak disertai dengan doa dan memutus hubungan persaudaraan kecuali Allah pasti akan memberikannya salah satu dari tiga hal. Bisa disegerakan doanya untuk dikabulkan, mungkin pula Allah menyimpannya sehingga dibalas di akhirat kelak. Dan kemungkinan pula Allah akan menghindarkan dia dari kejadian buruk yang menjadi ganti setara dari doa kebaikan yang ia panjatkan.” (HR. Ahmad)

Selain bepergian keluar rumah Rashulallah mengajarkan kepada kita untuk selalu membaca doa ketika ingin menaiki kendaraan dan sedang mengendarai kendaraan supaya kita terus dalam keadaan aman ,terhindar dari segala macam marahabaya yang akan tertimpa dan selamat saat berkendara sehingga kita bisa sampai di tujuan dengan selamat keadaan sehat wal afiat.

Baca juga   Doa Selesai Wudhu Dan Penjelasannya Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Doa Bepergian

Doa keluar rumah disunnahklan untuk diucapkan ketika akan keluar rumah. Doa tersebut berbunyi:

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”.

Yang artinya “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

Setelah mengucapkan doa keluar rumah juga disunnahkan untuk mengucapkan doa bepergian jauh  dan naik kendaraan yang berbunyi: 

” بِسْمِ ٱللَّهِ مَجْر۪ىٰهَا وَمُرْسَىٰهَآ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ “سبحان الذي سخر لنا هذا وما كنا له مقرنين وإنا إلى ربنا لمنقلبون. اللهم إنّا نسألك في سفرنا هذا البر والتقوى ومن العمل ما ترضى، اللهم هوِّن علينا سفرنا هذا واطوِ عنَّا بُعده، اللهم أنت الصاحب في السفر والخليفة في الأهل، اللهم إنا نعوذ بك من وعثاء السفر وكآبة المنظر وسوء المنقلب في المال والأهل”

Bismillahi majreehaa wa mursaahaa inna robbi laghofurur-rohiim “Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna  lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.”

Baca juga   Doa Tahajud Tulisan Latin Lengkap Beserta Arab Dan Artinya

Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih. Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.

Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa

Artinya :
“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya”

Untuk teman – teman semua ketika hendak bepergian jangan lupa di baca doanya agar kita terhindar dari marabahaya dan selamat sampai tujuan dengan selamat sehat wal afiat,Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *