Doa Awal Ramadhan Lengkap Arab Dan Artinya Yang Dianjurkan Oleh Rashulullah SAW

Posted on

doa awal ramadhan

Doa Awal Ramadhan Lengkap Arab Dan Artinya Yang Dianjurkan Oleh Rashulullah SAWBulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa ,moment dimana semua ummat muslim menyambutnya dengan perasaan bahagia dan gembira karena bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan penuh rahmat,dan bulan penuh kebaikan didalamnya. Semua ummat muslim bebas mengekspresikan kebahagiaan datangnya bulan ramadhan dengan semangat menambah ibadah maupun memperbanyak  berbuat kebajikan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad, shahih).

Kita sebagai ummat muslim sudah seharusnya menyambut datang nya bulan Ramadhan penuh dengan kegembiraan dan kebahagiaan, karena datang nya bulan Ramadhan secara tidak langsung datang seruan untuk berlomba-lomba mengerjakan amalan-amalan baik dan menambah semangat beribadah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا كان أول ليلة من شهر رمضان صفدة الشياطين و مردة الجن، وغلقت أبواب النار فلم يفتح منها باب، وفتحت أبواب الجنة فلم يغلق منها باب، وينادي مناد: يا باغي الخير أقبل، يا باغي الشر أقصر، والله عتقاء من النار وذلك كل ليلة

Baca juga   Doa Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan Lengkap Arab Dan Artinya Beserta Penjelasan nya

“Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para setan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu -pintu neraka, tidak ada satu pintupun yang dibuka, dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pintupun yang tertutup, berseru seorang penyeru: wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Allah membebaskan sejumlah orang dari neraka. Hal itu terjadi pada setiap malam.” (HR. Tirmidzi)

Mari kita semua semangat meningkatkan ibadah dan mengerjakan amalan-amalan baik pada bulan ramadhan,sebab sebentar lagi kita akan menghampiri bulan ramadhan.

Semoga Allah mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan. Abu Bakar Al-Warraq Al Balkhi berkata,

شهر رجب شهر للزرع ، وشعبان شهر السقي للزرع ورمضان شهر حصاد الزرع. وعنه قال : مثل شهر رجب مثل الريح ومثل شعبان مثل الغيم ومثل رمضان مثل القطر

“Bulan Rajab adalah bulan untuk menanam tanaman, bulan Syaban adalah bulan untuk menyirami tanaman dan bulan Ramadhan adalah bulan untuk memanennya”.

Beliau juga berkata, “Rajab bagaikan angin, Syaban bagaikan mendung, dan Ramadhan bagaikan hujan”. (Lathaiful Maarif hlm. 121)

Bacaan Doa Awal Ramadhan

Sebagian Ulama mengajarkan kepada kita semua jika datang bulan ramadhan kita membaca doa,berikut doa yang dibaca pada awal ramadhan.

Baca juga   Doa Buka Puasa Lengkap Arab Beserta Artinya Dan Dalil-Dalilnya

Doa Awal Ramadhan

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif, 148)

Disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, apabila melihat hilal pada Ramadhan dan pada bulan selainnya, beliau membaca doa:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillahu ‘alainaa bilyumna wal iimani was-salaamati wal islaami robbii wa robbukallohu

“Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan dan iman, serta keselamatan dan Islam. Rabb-ku dan Rabb-mu (bulan) adalah Allah.” (HR. Tirmidzi)

Demikian penjelasan mengenai doa awal ramadhan,pelu kita ingat kita jangan sampai menyia-nyiakan bulan suci ini dengan malas-malasan ,mari kita semua semangat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita semua,semoga bermanfaat, Amiin.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *