Contoh Mukadimah Pidato Atau Ceramah Berbahasa Arab Dan Indonesia

Posted on

contoh mukadimah

Contoh Mukadimah Pidato Atau Ceramah Berbahasa Arab Dan IndonesiaCeramah atau pidato merupakan tausiyah yang diberikan seorang ulama’ atau tokoh agama untuk mengingatkan pesan-pesan yang berisi keagamaan sebagai bentuk jihad menyebarkan agama Allah yaitu agama islam. Dan dalam menyampaikan Pembicara harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi sehinggaceramah, dapat berjalan dengan lancar.

Perlu kita ingat pembicara selain menyesuaikan situasi dan kondisi, pembicara juga harus bisa menarik perhatian para audienst pada sesi pembukaan /mukadimah agar mereka penasaran dan tertarik dengan isi ceramah.Dan berikut adalah contoh mukadimah singkat dan mudah untuk dihapalkan:

Contoh Mukadimah

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ . يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَـمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ . يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللهُ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًايَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوا قَوْلًا سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi-lladzi hadana lihadza wama kunna linahtadiya laula an hadanallah, Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalahm, wa Asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh, La nabiya ba’dah.Ya ayyuhal-ladzina aamanut-taqullooha haqqo tuqootihi wa laa tamutunna illa wa antum-muslimiin.

Ya ayyuhan-naasut taquu robbakumul-ladzi kholaqokum min nafsiw-waahidatiw wakholaqo minhaa zaujahaa wa batsa minhumaa rijaalaang-katsiiroo wa nisaa-a wattaqullohal ladzi tasaa-aluuna bihii wal arhaam innalloha kaana ‘alaikum roqiibaa

Ya ayyuhalladziina aamanuut taqullooha wa quuluu qoulan-sadiidaa yushlih lakum a’maalakum wa yaghfir lakum dzunuubakum wa man yuthi’illaaha wa rosuulahu faqod faaza fauzan ‘adziimaa

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kami kepada agama ini. Dan tiadalah kami memperoleh petunjuk sekiranya Allah tidak memberi petunjuk kepada kami. Segala pujian hanya kepada Allah Shalawat dan Salam semoga tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, juga para Sahabat dan mereka yang berjuang di atas agama Allah, hingga hari kemudian.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat petunjuk dari Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuk baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

Baca juga   Pembukaan Pidato Bahasa Arab Lengkap Beserta Artinya Dan Cara Bacanya

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali Imran: 102)

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rab-mu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (menggunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjadi dan mengawasimu.” (QS. An-Nisa: 1)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah akan memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenangan yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 71-72)

   اْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي هدانا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Alhamdu lillahil malikil haqqil mubiin, alladzii hadaanaa bil iimaani wal yaqiin. Allahuma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad khootamil ambiyaa’i wal mursaliin wa ‘alaa alihit-toyyibiin wa ash-haabihil akhyaari ajma’iin wa man tabi’ahum ilaa yaumid-diin. Amma ba’du

Artinya:

Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat piluhan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Innal hamda lillahi wanahmaduhu wa nashta’inuhu wa nastaghfiruhu wa nastahdiihi wa na’uudzu billahi min syururi anfusinaa wa min sayyiati a’maalina, man yahdillahu falaa mudmudilla lah wa man yudlil fa laa haadiya lah. Asyhadu an-laa ilaaha illalloh wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh. Allahumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aa-lihi wa sohbihi wa manihtadaa bi hudaahu ila yaumil qiyamah.

Baca juga   Khutbah Jumat Bulan Sya'ban: Keistimewaan Bulan Sya'ban Dan Amalan Rashulullah Di Bulan Syaban

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Alhamdu lillahil-ladzii kana bi’ibadihi khobiron bashiroo, tabarokalladzii ja’ala fissamaa-i buruujan waja’ala fiihaa siroojaw waqomaroom muniiroo. Asyhadu an-laa ilaha illalloh wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warosuuluh alladzii ba’atsahu bilhaqqi basyiiroow wa nadziroo, wa daa’iyan ilaalhaqqi bi idznihii wa siroojam muniiroo. Allahumma sholli alaihi wa ‘alaa aalihi wa sohbihi wa sallim tasliimaan-katsiiroo. Amma ba’du.

Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan  Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya.

Bagi yang kesulitan membuat mukadimah, bisa mengamalkan contoh mukadimah di atas ,sedikit dan mudah di hapalkan. semoga tulisan diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua Amiin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *