Bacaan Doa Sholat Fardlu Ringkas Lengkap Dan Artinya

Posted on

Bacaan Doa Sholat Fardlu Ringkas Lengkap Dan Artinya  –Membaca Doa setelah sholat adalah salah satu jalan untuk memperdekat diri kepada Allah ,terlebih kita  seorang hamba  yang sudah seharusnya banyak mengambil kesempatan untuk mengungkapkan keterikatan dan kecintaan nya  seorang hamba dengan penciptanya  , maka setiap sholat ini sudah menjadi kewajiban untuk tidak meninggalkan dzikir, berdo’a dan meminta ampunan kepada Allah SWT.

                Berdoa setelah sholat fardlu, tentu juga memiliki kepentingan dan keutamaannya sendiri. Mengingat solat fardlu  merupakan sholat yang paling sering kita lakukan dan telah menjadi rutinitas kita sebagai muslim, tentu kepentingan doa dan keutamaan nya lebih hebat lagi.

Dalam berdoa pilihlah doa – doa yang mengarah kebaikan seperti doa untuk kedua orang tua, doa memohon perlindungan, doa memohon ampunan, doa selamat dunia dan akhirat dan yang lainnya.

Lebih jelasnya , berikut kumpulan doa – doa yang bisa kita pilih untuk berdoa setelah sholat Fardlu .

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.

Artinya :

Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.

Baca juga   Doa Ulang Tahun Dan Hukum Merayakan Nya Lengkap Arab Dan Artinya


اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Artinya :

Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.

Artinya :

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.

artinya :

Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.

Artinya :

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Baca juga   Doa Menghadapi Ujian Agar Selalu Tegar Dan Sabar Dalam Menghadapinya Lengkap Arab Beserta Artinya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di atas adalah kumpulan doa – doa yang biasa kita baca setelah menunaikan solat , semoga bermanfaat dan tetap istiqomah berdoa setelah sholat fardlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *