Bacaan Sujud Sahwi Dan Kapan Di Lakukan Sujud Sahwi Lengkap Arab Artinya

Posted on

bacaan sujud sahwi

Bacaan Sujud Sahwi Dan Kapan Di Lakukan Sujud Sahwi Lengkap Arab Artinya – Sujud sahwi adalah dua sujud setelah tasyahud ahir yang di selingi dengan duduk  dan dikerjakan karena lupa tidak mengerjakan salah satu rukun sholat. Jika seseorang sedang mengerjakan sholat dan ia terlupa dalam sholatnya maka di sunahkan melakukan sujud sahwi yang dilakukan sebagaimana sujud dalam shalat.

Seorang muslim sujud sahwi sujudnya tetap dua kali sebelum salam. Jumlah sujud sahwi tidak ditentukan oleh sebanyak apa kita lupa dalam shalat walaupun banyak jumlah pelanggarannya , Tetapi kalau kita sudah terlanjur salam tanpa sempat sujud dua kali, maka kita dianjurkan untuk masuk kembali ke dalam shalat dan segera mengerjakan sujud sahwi lalu salam

keterangan Syekh Abdullah Bafadhl berikut ini:

و سجود السهو وإن كثر سجدتان كسجود الصلاة. ومحل سجود السهو بين التشهد والسلام، ويفوت بالسلام عامدا، وكذا ناسيا إن طال الفصل، فإن قصر الفصل عاد إلى السجو د وصار عائدا إلى الصلاة

Artinya, “Sujud sahwi meski banyak (pelanggaran) tetap dua sujud seperti sujud shalat. Tempat sujud sahwi adalah waktu antara tasyahud akhir dan salam. Kesunahan sujud sahwi luput sebab salam secara sengaja, demikian juga luput bila lupa tetapi jeda setelah salam terlalu lama. Tetapi ketika jeda setelah salam cukup singkat, maka ia melakukan sujud sahwi. Artinya, ia kembali masuk ke dalam shalat,”.

Sebab melakukan sujud sahwi:

Meninggalkan sunnah ab’adh baik karena lupa maupun disengaja, seperti meninggalkan tasyahud awal, qunut shalat Shubuh, membaca shalawat setelah tasyahud awal.

Baca juga   Sholat Sunnah Sebelum Sholat Wajib Yang Sesuai Dengan Ajaran Rashulululloh SAW

Ragu-ragu dalam hal meninggalkan sunnah ab’adh.

Memindah rukun qouly (bacaan) ke tempat lain yang tidak sampai membatalkan, baik disengaja maupun tidak, seperti membaca Al-Fatihah pada waktu ruku, qunut sebelum ruku atau membaca surat di waktu duduk.

Melakukan sesuatu yang seandainya dilakukan dengan disengaja dapat membatalkan shalat seperti tidak disengaja menambah satu rukun fi’li atau lupa berbicara sedikit.

Ragu-ragu terhadap pekerjaan shalat yang kemungkinan adalah tambahan.

Kemudian yang termasuk dalam sunat ab`adh, sunat melakukan sujud sahwi bila meninggalkannya atau ragu meninggalkannya adalah :Bacaan tasyahud awal, Duduk tasyahud awal, Qunut, Berdiri pada qunut, Shalawat kepada Rasulullah Saw setelah tasahud awal dan qunut, Shalawat kepada Rasulullah Raw setelah tasyahud akhir dan qunut.

Bacaan sujud sahwi Dan Pelaksanaan Nya

Bacaan Sujud Sahwi

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ

Subhaana mal-laa yanaamu wa-laa yashuu

Artinya : “Mahasuci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa

Tata Cara Sujud Sahwi Dan Kapan Di Lakukan nya

cara melakukan sujud sahwi sebelum salam dijelaskan dalam hadits ‘Abdullah bin Buhainah,

فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

“Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)

Baca juga   Niat Qadha Atau Membayar Hutang Puasa Ramadhan Lengkap Arab Dan Artinya

Contoh cara melakukan sujud sahwi sesudah salam dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah,

فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَسَلَّمَ ثُمَّ كَبَّرَ ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ فَرَفَعَ ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَرَفَعَ

“Lalu beliau shalat dua rakaat lagi (yang tertinggal), kemudia beliau salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi, lalu beliau bangkit. Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit.” (HR. Bukhari no. 1229 dan Muslim no. 573)

Sujud sahwi sesudah salam ini ditutup lagi dengan salam sebagaimana dijelaskan dalam hadits ‘Imron bin Hushain,

فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ

“Kemudian beliau pun shalat satu rakaat (menambah raka’at yang kurang tadi). Lalu beliau salam. Setelah itu beliau melakukan sujud sahwi dengan dua kali sujud. Kemudian beliau salam lagi.” (HR. Muslim no. 574)

Untuk ketentuan kapan di lakukan nya sujud sahwi jika datangnya sebab sebelum salam hendaklah sujud dilakukan sebelum salam dan sebaliknya kalau diketahui sesudah salam maka sujudnya dilakukan sesudah salam. sedangkan bagi hal-hal yang tidak termasuk dalam kedua keadaan tersebut boleh saja memilih sesudah salam atau sebelumnya.

Semoga kajian sujud sahwi ini bermanfaat untuk pembaca semua nya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *