Bacaan Sujud Dan Tata Cara Sujud Yang Benar Lengkap Arab Artinya

Posted on

bacaan sujud

Bacaan Sujud Dan Tata Cara Sujud Yang Benar Lengkap Arab Artinya – Sujud adalah rukun sholat yang paling mulia di antara rukun- rukun lain nya karena posisi ketika sujud seseorang benar – benar menunjukkan kerendahan nya di depan sang pencipta dengan di letakkan nya bagian paling istimewa dalam tubuh yaitu kepala setara dengan tanah tempat kaki berpijak, maka dari itu sujud sarana paling efesien untuk untuk mendekatkan diri kepada Allah.

haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rashulallah bersabda :

أقرب ما يكون العبد الى الله عزوجل اذا سجد, فاكثروا الدعاء عند ذلك

Jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Allah swt adalah ketika (hamba tersebut) sedang sujud. Maka perbanyaklah berdo’a ketika sujud.

Sujudnya seorang hamba tidak akan sia – sia ,Allah Ta’ala berfirman :

ما من مسلم يسجد لله سجدة الا رفعه الله بها درجة وحط عنه بها سيئة

Seorang muslim yang bersujud kepada Allah maka akan di angkat derajatnya oleh Nya dan di hindarkan dari berbagai keburukan dan kemaksiatan, sebagaimana shalat dapat mencegah diri dari kekejian dan kemungkaran.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱرْكَعُوا۟ وَٱسْجُدُوا۟ وَٱعْبُدُوا۟ رَبَّكُمْ وَٱفْعَلُوا۟ ٱلْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“yaa ayyuhaa ladziina aamanuu irka’uu wasjuduu wa’buduu rabbakum waf’aluu lkhayra la’allakum tuflihuun”

Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

Sebagaimana sudah kita ketahui semua bahwasanya sujud adalah rukun fi’li yang mana harus melakukan sujud ketika shalat , Meninggalkannya atau melakukannya dengan tidak memenuhi syarat-syaratnya menjadikan shalatnya tidak sah.

Tata Cara Sujud

diriwayatkan oleh Imam Bukhari dimana Rasulullah SAW bersabda:

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الجَبْهَةِ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَاليَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ، وَأَطْرَافِ القَدَمَيْنِ

Artinya: “Saya diperintah untuk bersujud di atas tujuh anggota badan, yakni dahi—sambil tangan beliau menunjuk pada hidungnya–, kedua tangan, kedua kaki, dan ujung-ujung telapak kaki.” (HR. Imam Bukhari)

Baca juga   Bacaan Lafadz Niat Shalat Idul Fitri Lengkap Arab Artinya

Ketika gerakan turun mau melakukan sujud kedua tangan tidak perlu di angkat keatas ,lebih utama kedua lutut di letakkan di bumi kemudian kedua tangan di letakkan di atas bumi setara dengan pundak ,kening dan hidung di tempelkan ke bumi jangan sampai ada sesuatu yang menghalangi kening ,kening harus dalam keadaan terbuka ,memposisikan kakinya seperti orang berjinjit bertumpu pada kepala dengan mengangkat pantat keatas kemudian untuk laki – laki  kedua siku tangan tidak boleh berdempetan harus di renggangkan antara dua siku tangan  dan untuk perempun leih baik merapatkan kedua siku2 tangan,ketika gerakan badan turun kebawah di iringi tengan menbaca takbir (Allahu Akbar) dan jika posisi sujud sudah benar barulah membaca bacaan sujud.

Bacaan Sujud Ketika Shalat

Untuk bacaan sujud ada beberapa bacaan dan doa yang di ajarkan nabi ,tapi bacaan sujud yang masyhur adalah sebagai berikut :

 سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhaana rabbiyal a’laa wa bihamdih (3 kali)

Artinya : Maha Suci Robb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya

Adapun berikut adalah macam – macam bacan sujud :

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى

Subhaana robbiyal a’laa (tiga kali)

Artinya:

Maha Suci Robb-ku yang Maha Tinggi

Beliau ﷺ pernah membaca doa ini berulang-ulang ketika sujud shalat malam, sehingga sujud beliau hampir sama lamanya dengan berdiri beliau.

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhaana robbiyal a’laa wa bihamdih. (tiga kali)

Artinya:

Maha Suci Robb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.

سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ، رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ

Subbuuhun qudduusun robbul malaa-ikati war ruuh.

Artinya:

Maha Suci, Maha Qudus (Maha Mulia), Rabbnya Para Malaikat dan Ruh [HR. Muslim no. 487]

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي

Subhaa-nakallahumma robbanaa wa bihamdika, allahummaghfir-lii.

Artinya:

Maha Suci Engkau Ya Allah, Wahai Rabb kami, dan dengan memuji-Mu, Ya Allah, berilah ampunan untukku.

Baca juga   Doa Mandi Junub Untuk Wanita Dan Penjelasan Tata Cara Mandi Yang Benar

Nabi ﷺ banyak membaca doa ini dalam rukuk dan sujudnya, setelah turun surat An-Nashr. Beliau lakukan demikian dalam rangka mengamalkan perintah di akhir surat An-Nashr. [HR. Bukhari]

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ، وَجُلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّه

Allahummagh-fir-lii dzan-bii kullahuu, diqqahuu, wa jullahuu, wa awwa-lahuu, wa aa-khirohuu, wa ‘alaa-niya-tahuu wa sirrohuu.

Artinya:

Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya dan yang sebesar-besarnya, yang pertama dan yang terakhir, yang terang-terangan dan yang tersembunyi.

اللهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Allahumma laka sajad-tu, wa bika aamantu, wa laka aslam-tu. Sajada wajhii lilladzii khala-qohuu, wa shawwa-rohuu, wa syaqqo sam’ahuu wa basharahuu, tabaarokallahu ahsanul kholiqiin.

Artinya:

Ya Allah, kepada-Mu-lah aku bersujud, kepada-Muaku beriman dan kepada-Mu-lah aku menyerahkan diriku. Dan Engkaulah Robb-ku. Wajahku bersujud kepada Dzat yang telah menciptakan dan membentuknya, maka baikkanlah bentuknya. Dan Yang telah menjadikan diriku mendengar dan melihat. Maka Maha Suci Allah, sebaik-baiknya pencipta.

سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

Subhaana dzil jabaruut, wal malakuut, walkibriyaa, wal ‘adzamah.

Artinya:

Maha Suci Pemilik Keperkasaan, dan Kekuasaan, dan Keangkuhan, dan Keagungan.

Doa sujud ini pernah beliau ﷺ baca ketika shalat malam. Beliau ﷺ mengulang-ulang lama sekali. Karena ketika berdiri, beliau ﷺ membaca surat Al-Baqarah.

Demikian pembahasan tentang bacaan sujud dan tata cara bersujud dengan benar ,semoga kita semua semakin rajin membenahi diri beribadah kepada Allah.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *