Bacaan Salam Dalam Shalat Yang Benar Lengkap Arab Beserta Artinya

Posted on

bacaan salam

Bacaan Salam Dalam Shalat Yang Benar Lengkap Arab Beserta ArtinyaSalam merupakan salah satu rukun shalat apabila rukun tersebut tidak dikerjakan maka tidak sah shalatnya, Sebagaimana yang kita ketahui, shalat yaitu ibadah yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Salam  yang dimaksud rukun shalat yaitu salam yang pertama,sedangkan salam yang ke dua merupakan Sunnah nya shalat.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan,

أن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كان يسلم تسليمة واحدة

 Artinya :“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan salam sekali.” (HR. Baihaqi dan dishahihkan al-Albani).

Tata Cara Salam Dalam Shalat

Pada prakteknya mengucapkan salam dalam shalat berbeda dengan kita mengucap salam ketika hendak masuk rumah,keluar rumah atau ketika bertemu seseorang dijalan.Salam dalam shalat di ucapkan pada rakaat terakhir shalat dan ketika mengucapkan salam harus sambil menoleh ke arah kanan dan kiri .

أَنَّ ابْنَ مَسْعُودٍ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، وَعَنْ يَسَارِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، يَجْهَرُ بِكِلْتَيْهِمَا

 Artinya :Bahwa Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu salam ke kanan dengan mengucapkan, “Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh” dan menoleh ke kiri dengan membaca, “Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh” beliau mengeraskan keduanya. (HR. Abdurazaq dalam Mushannaf, 3129)

Baca juga   Niat Mandi Taubat Dan Tata Cara Mandi Taubat Bahasa Arab Beserta Artinya

Dianjurkan untuk menoleh secara maksimal ketika salam dua kali, sehingga pipi orang yang shalat kelihatan dari belakang.
Dari Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan,

كُنْتُ أَرَى رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ، وَعَنْ يَسَارِهِ، حَتَّى أَرَى بَيَاضَ خَدِّهِ

 Artinya :”Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri. Hingga aku melihat putihnya pipi beliau.” (HR. Muslim 582).

Mengucapkan “Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ” pada salam pertama sambil menoleh ke arah kanan dan pada saat salam kedua mengucapkan ” Assalamu’alaikum warohmatulloh ”  sambil menoleh ke arah kiri .

صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ: «السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ»، وَعَنْ شِمَالِهِ: «السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ»

 Artinya :“Saya shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau mengucapkan salam ketika menoleh ke kanan, ”Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh” dan ketika menoleh ke kiri beliau mengucapkan, ”Assalamu alaikum wa rahmatullah.” (HR. Abu Daud 997)

Mengucapkan ” Assalamu’alaikum waroh matulloh ” pada salam pertama dan ke dua ( sambil menoleh ke kanan dan ke kiri .

Baca juga   Niat Puasa Syawal Dan Keutamaannya Lengkap Arab Beserta Artinya

رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ

 Artinya :“Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan salam ke kanan dan ke kiri, mengucapkan ”Assalamu alaikum wa rahmatullah”, hingga terlihat putihnya pipi beliau.” (HR. Nasai, Abu Daud

Bacaan Salam Dalam Shalat

Dari hadist-hadist diatas kita semua tau bahwasannya banyak sekali cara mempraktekkan salam pada shalat,namun yang masyhur dikalangan ummat muslim adalah “ASSALAMU’ALAIKUM  WAROHMATULLOH ” .dab ketika mengucap salam Menoleh ke kanan dan ke kiri secara maksimal , sampai yang dibelakangnya melihat pipi orang yang yang sedang salam .

Bacaan salam dalam Shalat

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

ASSALAAMU ‘ALAIKUM WAROHMATULLOOH

Artinya :

Semoga keselamatan, rohmat  selalu tercurah untuk kamu sekalian.

Demikian ulasan tentang bacaan salam dalam shalat,semoga bermanfaat untuk semua nya,Amiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *