Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Lengkap Arab Beserta Artinya Dan Penjelasannya

Posted on

niat mandi hari raya idul fitri

Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Lengkap Arab Beserta Artinya Dan PenjelasannyaHari raya idul fitri merupakan salah satu moment penting dan istimewa untk kalangan ummat muslim,bagaimana tidak ummat muslim merayakan hari raya idul fitri setelah mereka dengan sempurna menyelesaikan puasa Ramadhan satu bulan penuh lamanya, dan pada hari tersebut terdapat banyak kesunahan yang bisa kita amalkan.

Menyemarakkan datangnya hari raya idul fitri sudak tidak asing lagi bagi kalangan ummat muslim, bukti nyata dengan rasa gembira dan bahagia mereka menyemarakkan dengan berbagai aktifitas, seperti Mudik ke kampung halaman,takbir keliling dan lain sebagainya.

Namun pada hari raya idul fitri ada Sunnah yang sangat dianjurkan bagi ummat muslim untuk dilakukan pada hari tersebut,yaitu sholat ied dan sholatnya dilakukan secara berjamaah dimasjid . Akan tetapi sebelum kita berangkat ke masjid ada beberapa hal yang kita kerjakan sebagaimana di jelaskan oleh imam nawawi dalam al-majmu’ syarhul muhadzab salah satunya yaitu : Mandi.

(فَصْلٌ وَالْاِغْتِسَالَاتُ الْمَسْنُوْنَةُ سَبْعَةَ عَشَرَ غُسْلًا.غُسْلُ الْجُمُعَةِ لِحَاضِرِهَا. وَوَقْتُهُ مِنَ الْفَجْرِ الصَّادِقِ (وَ) غُسْلُ (الْعِيْدَيْنِ) الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى. وَيَدْخُلُ وَقْتُ هَذَا الْغُسْلُ بِنِصْفِ اللَّيْلِ

(Fasal) mandi-mandi yang di sunnah ada tujuh belas mandi.Yaitu mandi Jum’at bagi orang yang hendak menghadirinya. Dan waktunya mulai dari terbitnya fajar shadiq.Dan mandi dua hari raya, yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adlha. Waktunya mandi ini mulai tengah malam. (fathul qaarib).

Baca juga   Niat Solat Tarawih Mengikut Imam Dan Tata Caranya Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

Riwayat dari ‘Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu,

ويستحب الاغتسال يوم العيد قبل الصلاة، لما ورد عن زاذان قال : (سَأَلَ رَجُلٌ عَلِيًّا رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ الغُسْلِ ؟ قَالَ : اغْتَسِلْ كُلَّ يَوْمٍ إِنْ شِئْتَ . فَقَالَ : لا ، الغُسْلُ الَّذِي هُوَ الغُسْلُ . قَالَ : يَوْمُ الجُمْعَةَ وَيَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَيَوْمُ الفِطْرِ) [البيهقي في الكبرى ، بإسناد صحيح ]

Dianjurkannnya mandi pada hari raya sebelum melaksanakan sholat, Seseorang pernah bertanya pada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. ‘Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arofah, hari Idul Adha dan Idul Fithri.” (HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa’ 1/177

Diriwayatkan oleh sahabat Al Faakih bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَكَانَ الْفَاكِهُ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالْغُسْلِ فِى هَذِهِ الأَيَّامِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi di hari Idul Fithri, Idul Adha dan hari Arafah, ” Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu” (HR. Ibnu Majah no. 1316)

Baca juga   Khutbah Idul Fitri : Meraih Kesucian Di Hari Yang Fitri

Berikut adalah bacaan niat mandi hari raya idul fitri adapun tata caranya sama seperti mandi keramas sperti biasa hanya saja mandinya diniatkan husus untuk hari raya idul fitri, berikut bacaannya:

Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI ‘IIEDIL FITHRI SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA

Artinya :Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta’ala

Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu kita semua ,dan jangan lupa diamalkan saat hari raya idul fitri nantinyaa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *