Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud Berbahasa Arab Lengkap Beserta Artinya

Posted on

bacaan duduk diantara sujud

Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud Berbahasa Arab Lengkap Beserta ArtinyaSholat adalah rukun islam dan wajib hukumnya bagi ummat muslim di dunia ,sholat mempunyai syarat dan rukun  tertentu,salah satunya sujud yang artinya setiap sholat kita harus melakukan nya.setelah sujud pertama  orang yang salat bangun dari sujud untuk duduk di antara dua sujud. Duduk di antara dua sujud merupakan rukun salat.  Dalam hadis al musi’ shalatahu, dari Rifa’ah bin Rafi radhiallahu’anhu, di dalamnya disebutkan:

ثُمَّ يَسْجُدُ حَتَّى تَطْمَئِنَّ مفاصلُه ثُمَّ يَقُوْلُ : اللهُ أكبرُ ويرفعُ رأسَه حتَّى يستويَ قاعدًا

“…kemudian Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam sujud sampai anggota badannya menempati tempatnya, kemudian mengucapkan “Allahu Akbar”. Kemudian mengangkat kepalanya (bangun dari sujud) sampai ke posisi duduk“ (HR. Abu Daud no. 857, dishahihkan Al Albani dalam Ashl Sifati Shalatin Nabi [1/189])

Cara Duduk Diantara Dua Sujud  

Duduk diantara dua sujud dilakukan dengan posisi duduk iftirasy.Duduk iftirasy adalah posisi duduk dengan membentangkan kaki kiri, kemudian diduduki dan kaki kanan ditegakkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا سجدت فمكن لسجودك فإذا رفعت فاقعد على فخذك اليسرى

“Apabila kamu sujud, sujudlah dengan meletakkan semua anggota sujud, dan jika kamu bangkit untuk duduk, duduklah dengan bertumpu pada kakimu yang kiri.” (HR. Bukhari dan Baihaqi)

Posisi punggung saat duduk diantara dua sujud harus tegak sempurna dan tidak boleh condong. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada orang yang shalatnya salah,

Baca juga   Doa Duduk Diantara Dua Sujud Dan Tata Caranya Lengkap Arab beserta Artinya

يسجد حتى تطمئن مفاصله ثم يقول : ( الله أكبر ) ويرفع رأسه حتى يستوي قاعدا

Dia harus sujud sampai ruas-ruas tulang menempati posisinya. Kemudian dia membaca ‘Allahu akbar’ dan mengangkat kepalanya sampai tegak sempurna. (HR. Nasai , Abu Daud).

Posisi jati-jari tangan ke arah kiblat, Umar bin Khatab mengatakan :

مِنْ سُنَّةِ الصَّلَاةِ أَنْ تَنْصِبَ الْقَدَمَ الْيُمْنَى، وَاسْتِقْبَالُهُ بِأَصَابِعِهَا الْقِبْلَةَ وَالْجُلُوسُ عَلَى الْيُسْرَى

“Termasuk sunah dalam shalat (ketika duduk), kaki kanan ditegakkan, mengarahkan jari-jari tangan ke arah kiblat, dan duduk di atas kaki kiri.” (HR. Nasai dan dishahihkan Al-Albani)

Terkadang dianjurkan untuk duduk dengann posisi iq’a ketika duduk diantara dua sujud.

Thawus pernah bertanya kepada Ibnu Abbas tentang iq’a. Ibnu Abbas menjawab: “Itu Sunah.” (HR. Muslim dan Abu Daud) Thawus bin Kaisan rahimahullah mengatakan:

قُلنا لابنِ عباسٍ في الإقعاءِ على القدَمينِ . فقال : هي السنةُ . فقلنا له : إنا لنراهُ جفاءً بالرجلِ . فقال ابنُ عباسٍ : بل هي سنةُ نبيِّكَ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ

“Kami bertanya mengenai duduk iq’a kepada Ibnu Abbas, ia berkata: itu sunnah. Thawus berkata: kami memandang perbuatan tersebut adalah sikap tidak elok terhadap kaki. Ibnu Abbas berkata: justru itu sunnah Nabimu Shallallahu’alaihi Wasallam.” (HR. Muslim no. 536)

Duduk diantara dua sujud wajib tumakninah. Diam sejenak sehingga cukup untuk membaca doa duduk diantara dua sujud.

Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

Doa duduk diantara dua sujud

Ada banyak macam-macam bacaan doa ketika duduk diantara dua sujud dan  diantara bacaan doa populer saat duduk di antara dua sujud dalam shalat adalah

Baca juga   Niat Shalat Sunnah Rawatib Dan Keistimewaannya Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

رب اغفرلي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واهدني وعافني واعف عني

“Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aaifinii wa’fuanii”

(Ya Allah ampunilah aku, sayangii aku, tutuplah aib-aibku, angkatlah derajatku berilah aku rezeki, Berilah aku petunjuk, jadikanlah aku sehat, maafkanlah aku).

Dan berikut adalah bacaan Kumpulan Macam-Macam Doa Duduk Antara Dua Sujud

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي

“Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii

(artinya: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).”

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَاهْدِنِي وَارْزُقْنِي

 “Allahummaghfirlii warhamnii wa’aafinii wahdinii warzuqnii”

(artinya: ya Allah anugerahkanlah untukku ampunan, rahmat, kesejahteraan, petunjuk dan rezeki).”

رَبِّ اغْفِرْ لِي رَبِّ اغْفِرْ لِي

 ” Robbighfirlii robbighfirlii”

(artinya: Wahai Rabbku ampunilah aku, wahai Rabbku ampunilah aku).”

Berikut adalah ulasan bacaan doa duduk diantara dua sujud ,semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *