Amalan Ibadah Yang Dilakukan Saat Malam Nuzulul Qur’an Beserta Penjelasanya

Posted on

amalan yang harus dilakukan saat nuzulul qur'an

Amalan Ibadah Yang Dilakukan Saat Malam Nuzulul Qur’an Beserta PenjelasanyaNuzulul qur’an merupakan peristiwa penting dan sangat istimewa bagi ummat muslim di dunia,peristiwa dimana alqur’an di turunkan kepada nabi Muhammad SAW,peristiwa tersebut jatuh pada 17 ramadhan setiap malam 17 ramadhan ummat muslim di Indonesia biasa memperingatinya.

Amalan Malam Nuzulul Quran

Memperingati nuzulul quran mempunyai faidah tersendiri salah satunya bisa mengingatkan kita kembali kepada nilai-nilai alqur’an dalam kehidupan manusia dan juga bisa menjadi motivasi untuk kita semua semangat membaca alqur’an agar hidupnya berkah dan dalam ridho Allah SWT.

Baca Alqur’an

Membaca alqur’an  merupakan amal sholih ,akan tetapi sebagai sebagai ummat muslim kita tidak cukup dengan membacanya saja,mengingat alquran adalah pedoman bagi ummat muslim,lebih dari itu sudah seharusnya merenungi makna yang terkandung dalam setiap ayatnya dan mengamalkan isi yang ada dalam alqur’an supaya menjadi hamba yang mengambil manfaat dari ayat-ayat Al-Qur’an.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi no. 2915. Dinilai shahih oleh Al-Albani).

Baca juga   Bacaan Asmaul Husna Dan Keistimewaan Membaca Asmaul Husna B.Arab Beserta Artinya

Dzikir dan Berdoa

Kedua, selain membaca alqur’an kita dianjurkan untuk memperbanyak doa dan dzikir pada malam nuzulul quran, dengan begitu kita bisa menghabiskan malam tersebut dengan bermunajat dan bertaqorrub dengan Allah SWT.

Adapun doa yang bisa kita amalkan ketika malam Nuzulul Quran diantaranya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma Innaka ‘Afuwwun Kariim Tukhibbul Afwa Fa’fu ‘Anni

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha pemaaf lagi Maha Mulia, engkau menyukai ampunan maka ampunilah aku.

I’tikaf

Ketiga, I’tikaf artinya berdia dalam masjid dengan melakukan berbagai macam amalan Sunnah seperti dzikir ,berdoa dan lain sebagainya.

Allah ta’ala berfirman dalam alqur’an,

وَعَهِدْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

“Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud.” (Al Baqarah: 125).

Hadits dari Ummu al-Mukminin, ‘Aisyah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf sepeninggal beliau.

Baca juga   Amalan Utama Di Bulan Ramadhan Yang Sangat Ditekankan Oleh Rashulullah SAW

Dari dalil di atas bisa kita simpulkan bahwa I’tikaf adalah ibadah dan dianjurkn oleh Rashulullah SAW, selama i’tikaf sebaiknya kita memperbanyak membaca Al-Qur’an atau dzikir lainnya.

Demikian penjelasan amalan-amalan yang bisa kita lakukan saat malam nuzulul qur’an,semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan membantu untuk kita semua, amiiiiin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *