Amalan Wanita Haid Di Bulan Ramadhan Dan Pahalanya Sama Dengan Orang Berpuasa

Posted on

amalan wanita haid di bulan ramadhan

Amalan Wanita Haid Di Bulan Ramadhan Dan Pahalanya Sama Dengan Orang BerpuasaDibulan Ramadhan ketika seorang perempuan datang bulan maka dia tidak diwajibkan puasa dengan alasan udzur syar’i yang berupa menstruasi, nah pastinya perempuan haid juga menginginkan pahala seperti orang berpuasa karena bulan puasa merupakan bulan istimewa untuk kalangan ummat muslim,dan kita semua dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan sholeh.

Bagi wanita yang haid jangan bersedih Sebab ada banyak  amalan yang penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Amalan tersebut sama nilai pahalanya dengan seorang wanita yang melakukan sholat dan puasa di bulan Ramadhan.

Amalan Wanita Haid Di Bulan Ramadhan

Dalam hal ini tentu saja sebuah kegembiraan bagi wanita yang sedang haid karena amal kebaikan nya tetap diperhitungkan, lantas amalan apa saja yang dikerjakan wanita haidh pada bulan Ramadhan?  Berikut penjelasan amalan yang bisa menunjang pahalanya wanita yang sedang haid:

Memperbanyak Dzikir

Wanita yang sedang haid agar mendapatkan pahala yang sama jika ketika ia tidak bisa sholat dan puasa diniatkan mengikuti perintah Allah,dan amalan-amalan yang bisa dia lakukan adalah membaca dzikir sebanyak-banyaknya,bersholawat,membaca istighfar dan lain sebagainya .

perihal amalan yang berkaitan dengan alqur’an wanita haid bisa dengan mendengarkan orang yang membaca al-qur’an.

Baca juga   Pembukaan Ceramah Mudah Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Allah SWT berfirman yang artinya:

” Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A’raf:204)

Menyiapkan Hidangan Berbuka Puasa (Iftar)

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (H.R. At-Tirmidzi)

Dari hadist diatas bisa diambilkesimpulan bahwa amalan ini bisa menunjang pahala bagi wanita yang sedang haidh, tidak melaksanakan puasa bukan berarti kita tidak bisa memperoleh pahala ,tetapi bisa diganti dengan amalan-amalan sholeh seperti membuat hidangan dan menyiapkan menu buka puasa.

Memperbanyak Sodaqoh

Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: “Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka.” (H.R. Muslim) Nah, makanya, mumpung ada kesempatan mari sama-sama menambah shodaqoh kita dibulan ramadhan.perlu kita ingat bahwa shodaqoh tidak melulu dengan uang ,kita bisa menshodaqohkan tenaga kita untuk siapa saja yang membutuhkan.

Rasulullah Saw bersabda “ Setiap kebaikan adalah sedekah, dan di antara bentuk kebaikan adalah kamu berjumpa saudaramu dengan wajah yang menyenangkan, dan kamu menuangkan air dari embermu ke dalam bejana milik saudaramu (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Ahmad)

Baca juga   Membangun Suasana Harmonis Dengan Tetangga Sesuai Pesan – Pesan Rashul SAW.

Mencari ilmu.

Mencari ilmu merupakan amalan yang bagus bagi wanita yang sedang haid,baik dilakukan secara otodidak ataupun melalui guru dengan mendatangi maklis-majlis ilmu,di sisi lain manfaat mencari ilmu sangatlah besar untuk diri sendiri dan orang lain dan belajar masuk dalam kategori ibadah.

تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ فَإِنَّ تَعَلُّمَهُ لِلهِ خَشْيَةٌ، وَطَلَبَهُ عِبَادَةٌ، وَمدَارَسَتَهُ تَسْبِيحٌ، وَالْبَحْثُ عَنْهُ جِهَادٌ

“Belajarlah ilmu, sesungguhnya belajar ilmu kerana Allah adalah suatu bentuk ketakwaan. Mencari ilmu adalah ibadah, menelaahnya adalah tasbih, dan mengkajinya adalah jihad.” (HR Ad-Dailami)

Diriwayatkan dari Imam Muslim hadis tentang keutamaan orang yang sedang mencari ilmu, Rashulullah bersabda:

” Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju surga baginya.” (HR. Muslim)

Demikian penjelasan tentang amalan-amalan yang bisa dikerjakan oleh wanita haid ,untuk itu bagi wanita yang sedang haid jangan hawatir tidak mendapatkan pahala,semua ada jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *